-->

Pantai Tanjung Tua Bakauheni Wisata Indah Yang Tersembunyi

- June 24, 2018
Siapa sih yang tidak tahu Bakauheni. Bakauheni merupakan sebuah Kecamatan di salah satu Kabupaten Lampung Selatan. Mendengar kata Bakauheni pasti tebakan anda tertuju pada pelabuhan penyebrangan kapal ferry ya. 

Bakauheni merupakan Sebuah kecamatan di Kabupaten Lampung selatan yang menjadi pusat hilir mudik para pengunjung yang ingin berkunjung ke Lampung.

Bakauheni merupakan ujung atau titik nol dari pulau sumatera, karena semua aktifitas atau keluar masuk barang dan orang barawal dari pelabuhan Bakauheni.

Selain dikenal dengan pelabuhan penyebrangan, ternyata Bakuheni juga menyimpan keindahan-keindahan tempat wisata.

Sebut saja satu tempat wisata yang sudah dikenal oleh banyak orang yaitu wisata Menara Siger. Saat anda datang dari pelabuhan penyebrangan Merak, anda pasti melihat sebuah Menara berbentuk Siger yang tepat berdiri diatas bukit, ya itu adalah wisata Menara Siger.

Baca Juga: Pantai Belebuk Bakauheni Menyimpan Sejuta Keindahan dari Ujung Lampung

Bukan hanya Menara Siger, di Bakauheni juga banyak menyimpan keindahan wisata bahari. Salah satu nya adalah Pantai Belebuk dan Pantai Tanjung Tua. Namun, wisata yang akan kita bahas kali ini adalah wisata pantai Tanjung Tua.

Pantai Tanjung Tua
pantai tanjung tua bakauheni
pantai tanjung tua bakauheni
Pantai Tanjung Tua merupakan pantai yang berada di Kecamatan Bakauheni. Pantai Tanjung Tua memiliki struktur yang berbeda dengan pantai pada umumnya. Pasir yang ada di pantai Tanjung Tua relative lebih sedikit, dan lebih banyak kepada bebatuan-bebatuan besar yang ada di bibir pantai.

Pantai Tanjung Tua terlihat masih sangat alami hal tersebut dapat dilihat dari beberapa view di lokasi tempat wisata ini. Kealamian tersebut dapat dilihat dari banyaknya pepohonan besar yang tumbuh di sekitaran pantai.

bebatuan yang ada di tepi pantai Tanujung Tua sangat indah, berbentuk seperti karang-karang yang terdampar. Namun terlihat sangat cantik dan menawan.

pantai tanjung tua
pantai tanjung tua
Bukan hanya bebatuan di tepi pantainya yang indah, tetapi Pantai Tanjung Tua juga memiliki struktur bebatuan yang berlapis-lapis dan indah. Tebing yang ada di ujung pantainya juga menjadi spot yang sangat menarik untuk berfoto.

spot foto yang indah di pantai tanjung tua
spot foto yang indah di pantai tanjung tua
Air laut di Pantai Tanjung Tua terlihat sangat biru, itu menandakan bahwa laut itu dalam. Bukan hanya itu, arus di Patai Tanjung Tua juga sangat kuat. Namun bagi sebagian pemacing, ini menjadi spot yang sangat menarik karena pada umumnya ikan-ikan besar biasanya hidup di air yang memiliki arus kuat serta dalam. 

Lokasi dan rute menuju Pantai Tanjung Tua



Pantai tanjung Tua terletak di ujung desa Pantai Tanjung Tua Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya yang jauh membuat pengunjung cukup sulit untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Tua. 

Namun kamu tenang saja jika ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Tua kamu dapat mengikuti petunjuk yang terpasang di jalan. 

penunjuk arah ke pantai tanjung tua
penunjuk arah ke pantai tanjung tua
Medan menuju Pantai Tanjung Tua memang masih terbilang ekstrim, dimana jalan tersebut memiliki tanjakan yang cukup curam dan terjal. jalannya memang sudah di cor atau di semen, namun jalan tersebut hanya dapat dilalui oleh sepeda motor, mengingat lebar jalanya hanya 70 cm.

Untuk Mancapai Lokasi Pantai Tanjung Tua atau Rute menuju Pantai Tanjung Tua dapat di lalui dari pelabuhan Bakauheni (bagi pengunjung yang datang dari luar kota). 

Jika anda datang dari pelabuhan Bakauheni, ikuti jalan Trans Sumatera, lalu setelah sampai di Desa Way Apus, belok kiri.

Ikuti terus jalan itu sampai anda di bawa melewati jalan di bawah jembatan tol sumatera. setelah sampai di pertigaan tempat cucian motor, ambil jalan ke arah kanan. Lalu ikuti terus jalan tersebut sampai bertemu dengan penunjuk arah Pantai Tanjung Tua, dan masih lurus terus. 

lokasi pantai tanjung tua
lokasi pantai tanjung tua
Sesampainya di ujung jalan ber aspal, anda akan menemukan dua penunjuk arah.Dimana penujuk arah tersebut berlawanan. Ternyata ada dua jenis tempat wisata Pantai Tanjung Tua yang ada di Bakuheni, namun yang akan kami review adalah Wisata Pantai Tanjung Tua yang penujuk arahnya ke kanan (warna merah). 

Ikuti terus jalan kecil tersebut sampai anda melewati jembatan dan turunan yang terjal. Anda juga akan di bawa melewati kebun coklat, jagung dan pisang. 

pantai tanjung tua
pantai tanjung tua
Setelah berjalan selama 45 menit akhirnya anda akan sampai di Pantai Tanjung Tua. rasa lelah anda langsung terbayar ketika menyaksikan keindahan-keindahan di Pantai Tanjung Tua.

Biaya Tiket Masuk di Pantai Tanjung Tua

Harga tiket masuk di Pantai Tanjung Tua diambil perjenis kendaraan, dimana pengelola tidak mengambil tiket untuk orang, melainkan mengambil tiket pada biaya kendaraan. 

pintu masuk ke pantai tanjung tua
pintu masuk ke pantai tanjung tua
Untuk tiket masuk kendaraan bermotor biasanya dikenakan biaya sekitar Rp. 10.000,-. Tiket tersebut hanya berlaku untuk kendaraan bermotor, karena kendaraan roda empat tidak dapat masuk ke lokasi pantai.

Jam oprasional di Pantai Tanjung Tua mulai beroparasi dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. 

Fasilitas di Pantai Tanjung Tua

Pantai Tanjung Tua memang mulai dikembangkan sejak akhir tahun 2016 lalu. Banyaknya pengujung yang datang untuk berlibur ke Pantai Tanjung Tua membuat pengelola menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh pengunjung, seperti:

1. Rumah Anjungan 
anjungan di pantai tanjung tua
anjungan di pantai tanjung tua
Anjungan tersebut berdiri 3 tingkat yang berada di tepi pantai. Dimana disetiap tingkatnya dapat dinaiki pengunjung untuk melihat pemandangan atau hanya untuk berfoto.

2. Rumah Pohon
Terdapat Rumah Pohon di tepi pantai. Banyaknya pohon-pohon besar di tepi pantai nampaknya di mamfaatkan oleh pengelola untuk membuat rumah pohon.

3. Toilet
Untuk kebersihan pengelola juga menyediakan toilet untuk pengunjung.

4. Batu Bertulis
batu tulis di pantai tanjung tua
batu tulis di pantai tanjung tua
Banyak batu-batu yang dihias dengan tulisan. Tulisan-tulisan itu pada umumnya berisi kata-kata yang menghibur dan inspiratif, atau bahkan berisi himbauan.

5. Ayunan
ayunan di pantai tanjung tua
ayunan di pantai tanjung tua
Pengelola Pantai Tanjung Tua juga menyediakan ayunan untuk pengunjung. ada dua ayunan yang dapat digunakan oleh pengunjung. 

Penginapan Dekat Pantai Tanjung Tua

Pantai Tanjung Tua adalah pantai yang terletak sangat jauh dari perkampungan. Namun untuk anda yang ingin bermalam di Bakauheni setelah berwisata di Pantai Tanjung Tua, kami memberikan refrensi menginap di Kafe kedas

Kafe Kedas Bakuheni merupakan sebuah restoran dan juga menyediakan penginapan bagi anda yang ingin bermalam di daerah bakauheni.

Kafe Kedas Bakauheni berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Km 03 Bakauheni, Lampung Selatan. Penginapan ini buka selama 24 jam dan siap melayani anda.

Untuk harga kamar permalamnya, anda dikenakan tarif mulai dari harga Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 300.000,-.

Tips Berkunjung ke Pantai Tanjung Tua

1. Pantai Tanjung Tua memiliki arus yang cukup kuat dan kencang. Saran kami jika anda ingin berenang di Pantai Tanjung Tua, harap selalu berhati-hati dan dalam pengawasan teman atau keluarga.

2. Medan menuju Pantai Tanjung Tua cukup ekstrim, kami sarankan gunakan sepeda motor yang bergigi agar mudah dalam melahap medan.

3. Fasilitas untuk konsumsi di Pantai Tanjung Tua masih sangat minim, dimana penjual makanan atau minuman hanya berjualan saat hari libur besar saja. Saran kami bawa makanan dan minuman dari rumah saat berkunjung ke Pantai Tanjung Tua.

Buat anda yang ngin berkunjung ke Pantai Tanjung Tua, semoga liburan anda menyenangkan dan berkesan.

4 komentar

avatar

Tempatnya cantik ya. Tapi, er ... kok menuju ke sananya seram ya? Kayaknya nggak akan berani ke sana deh, kalau jalannya menanjak, cuma bisa dilewati motor, dan lebarnya cuma 70 cm.

avatar

Saya pernah kesana, memang jaraknya cukup jauh dari perkampungan. Kalau saran saya jika mau berlibur kesana harus rombongan. Karena aksesnya yang belum begitu bagus. Tapi memang view disana bagus banget apalagi kalau naik ke atas tebing

avatar

Dyah Yasmina, kalau berwisata ke pantai tanjung tua harus rombongan ya, biar rame di jalan. pemandangan di pantai tanjung tua keren abis deh.

avatar

Tanjung tua keren banget, apalagi air lautnya yang bening sangat indah buat di pandangi, maju terus pariwisata lampung


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search