-->

Terjangkau, Tiket Masuk Kebun Raya ITERA Masih Ramah Dengan Kantong

- May 06, 2023
Sebagai salah satu perguruan tinggi yang mengusung konsep forest campus, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengembangkan kebun raya ITERA yang lokasinya masih berada di lingkungan campus. Berdiri di atas lahan seluas 75.52 hektare kebun raya tersebut sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung untuk konservasi tumbuhan.

Pembangunan kebun raya ITERA disamping sebagai pusat konservasi tanaman di kebun ini juga digunakan sebagai penelitian, Pendidikan serta wisata edukasi untuk masyarakat yang ingin mengenal lebih banyak jenis-jenis tanaman.

Tiket Masuk Kebun Raya ITERA

Tiket Masuk Kebun Raya ITERA
Tiket Masuk Kebun Raya ITERA sumber foto intagram @kebunrayaitera

Untuk sementara, tiket masuk untuk pengunjung masih tidak dikenakan biaya, atau masih gratis, namun ada setelah semua fasilitas siap ada kemungkinan ada tiket masuk saat berwisata ke kebun raya ITERA.

Nantinya, untuk mempermudah pengunjung berwisata ke kebun raya, wisatawan dapat memesan tiket secara online melalui aplikasi E-Tiket kebun raya ITERA. Selain dapat digunakan untuk membeli tiket, disana pengunjung juga dapat melihat informasi seputar kebun raya ITERA.

Lokasi Kebun Raya ITERA

 

Kebun raya ITERA berlokasi di Jalan Terusan Ryacadu, Way Huwi, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Buat kamu yang berencana berwisata ke kebun raya ITERA kamu dapat langsung mencarinya melalui aplikasi google maps dan dengan otomatis kamu akan segera diarahkan menuju lokasi kebun raya ITERA.

Satu lagi nih, untuk jam operasionalnya, kebun raya ITERA hanya buka saat weekend saja yaitu hari Sabtu dan MInggu, tujuannya adalah agar tidak mengganggu proses pembelajaran.

Fasilitas dan Daya Tarik Kebun Raya ITERA

Sebelum kamu berwisata ke kebun raya ITERA, berikut ini beberapa spot menarik yang bisa kamu termui saat berwisata kesini:

a. Embung Sumatera

Embung Sumatera
Embung Sumatera sumber foto intagram @kebunrayaitera

Karena berlokasi di Pulau Sumatera, di dalam kebun raya ITERA terdapat sebuah embung yang ditengahnya dibentuk menyerupai pulau Sumatera, dari atas embung ini terlihat sangat cantik sekali.

b. Taman Labirin

Embung Sumatera
Embung Sumatera sumber foto intagram @kebunrayaitera

Siapa nih yang suka bermain labirin, di kebun raya ini juga terdapat sebuan taman labirin dimana kamu bisa bermain untuk menemukan pintu keluar.

c. Taman Estetika

Taman Estetika
Taman Estetika sumber foto intagram @kebunrayaitera

Taman estetika sendiri merupakan yang bisa mengedukasi pengunjungnya, memiliki beragam jenis tanaman, taman ini cocok banget buat dijadikan sebegai wisata edukasi bersama dengan keluarga.

d. Rumah Kaca Anggrek

Rumah Kaca Anggrek
Rumah Kaca Anggrek sumber foto intagram @kebunrayaitera

Buat kamu pecinta anggrek boleh bangetuntuk datang kesini, memiliki beragam koleksi anggrek yang berada di rumah kaca, tempat ini mengedukasi sekaligus memberi kesengan untuk pecintanya.

e. Pendopo

Pendopo
Pendopo sumber foto intagram @kebunrayaitera

Ketika sudah menyusuri beberapa tempat yang ada di kebun ITERA, kamu dapat beristirahat di pendopo padang, selain dapat besantai disini kamu juga dapat melihat view embung yang indah.

f. Koleksi Hidroponik

Koleksi Hidroponik
Koleksi Hidroponik sumber foto intagram @kebunrayaitera

Disini kamu juga melihat tenaman hidoponik, selain menjadi edukasi wisata, tempat ini juga digunakan sebagai Pendidikan dan penelitian bagi masyarakat dan mahasiswa ITERA.

g. Arboretum ITARA

Arboretum ITARA
Arboretum ITARA sumber foto intagram @kebunrayaitera

Buat kamu yang ingin melihat berbagai jenis kayu, kamu bisa datang ke arboretum ITERA. Disini ada 45 koleksi jenis tanaman kayu dengan jumlah sekitar 1.005 pohon yang merupakan hasil kerjasama antara ITERA dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Way Seputih Way Sekampung.

Tips Berwisata ke Kebun Raya ITERA

Beberapa tips yang dapat kamu perhatikan saat berwisata ke kebun raya itera seperti selalu jaga kebersihan tempat wisata tersebut dengan tidak membuang sampah secara sembarangan dan tidak merusak fasilitas yang tersedia di area tempat tersebut.

Oke sahabat wisata, itulah ulasan singkat dari kebun raya ITERA, jika kamu memiliki informasi terbaru dari tempat wisata tersebut jangan lupa tulis dikolom komentar ya, happy holiday.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search