-->

8 Wisata Air Terjun di Lampung Selatan yang Keindahannya Wajib Kamu Ketahui

- February 14, 2023
Kabupaten Lampung Selatan yang kaya akan potensi wisata alamnya selalu menghadirkan tempat-tempat wisata baru untuk para wisatawan. Selain dikenal memilki sederet pantai-pantai indah, Lampung Selatan juga memiliki beragam wisata air terjun yang masih terjaga kelestariannya.

Berikut ini ada 8 wisata air terjun yang berada di kabupaten Lampung Selatan yang wajib kamu kunjungi ketika berwisata ke Lampung Selatan.

1. Air Terjun Way Kalam

air terjun way kalam
air terjun way kalam sumber foto dari instagram @airterjun_waykalam

TiketRp. 5.000 (per orang)
LokasiKaki Gunung Rajabasa, Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan
Air terjun way kalam termasuk air terjun yang sangat eksotis, memiliki ketinggian sekitar 40 meter ditambah dengan suasana sekitarnya yang masih asri membuat air terjun way kalam sangat indah untuk dijadikan sebagai latar berfoto.

Fasilitas menarik yang bisa kamu temui saat berwisata ke air terjun way kalam seperti gazebo, tempat parkir, toilet, mushola, ruang ganti pakaian dan yang tidak kalah menarik adalah didekat air terjun tersbut sudah dilengkapi dengan homestay sehingga pengunjung yang datang dari luar tidak perlu ragu lagi jika harus bermalam disekitaran air terjun way kalam.

Harga tiket masuk ke air terjun way kalam masih sangat terjangkau, dimana pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5K per orang dan parkir untuk kendaraan roda empat sebesar 20K sedangkan untuk kendaraan roda dua sebesar 5K.

2. Air Terjun Way Tayas

air terjun way tayas
air terjun way tayas sumber foto dari instagram @billy.yoga

TiketRp. 10.000 (per orang)
LokasiKaki Gunung Rajabasa, Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan
Berada di kaki Gunung Rajabasa yang selalu menyajikan keindahan bagi setiap pendaki, keindahan tersebut juga hadir dari indahnya wisata air terjun yang ada di kaki gunung tersebut. Aliran air yang berasal dari pegunungan memberikan udara yang sejuk dan ini sangat cocok kamu kunjungi buat menghilangkan rasa lelah dari sibuknya rutinitas harian.

Harga tiket masuk ke air terjun way tayas sebesar 10K per orang dan jika kamu membawa kendaraan akan dikenakan biaya parikir, untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp. 5K dan Kendaraan roda empat sebesar Rp. 10K.

3. Air Terjun Citiis

air terjun citiis
air terjun citiis sumber foto dari instagram @apriyadi3432

Tiket 
LokasiKalianda, Kabupaten Lampung Selatan
Air terjun Citiis memang sangat berbeda dari air terjun pada umumnya, aliran air nya yang menghantam bebatuan menghasilkan percikan kecil yang menimbulkan rasa sejuk disekitar air terjun citiis, air nya yang jernih juga bisa manjadi salah satu alasan kamu harus mencoba berendam disektar air terjun tersebut.

Namun untuk menuju lokasi air terjun tersebut kamu harus berjalan kaki selama 30 menit sembari menikmati alam disekitar, seperti persawahan dan sungai.

4. Air Terjun Sarmun Cijuet

air terjun sarmun cijuet
air terjun sarmun cijuet sumber foto dari instagram @apriyadi3432

Tiket 
LokasiKalianda, Kabupaten Lampung Selatan
Air terjun sarmun cijuet merupakan air terjun selanjutnya yang masih berada di wilayah rajabasa, aliran airnya yang tidak terlalu besar cukup aman untuk digunakan mandi atau berendam.

Buat kamu yang suka foto-foto beberapa sudut menarik dari air terjun ini juga bisa kamu gunakan untuk berswafoto, apa lagi nuansa alamnya yang indah serta asri tentunya akan semakin menambah suasana sejuk.

5. Air Terjun Way Tajur

air terjun way tajur
air terjun way tajur sumber foto dari instagram @apriyadi3432

Tiket 
LokasiKalianda, Kabupaten Lampung Selatan
Air tejun way tajur juga menyajikan keindahan wisata air terjun yang tidak kalah asri dengan air terjun lainnya yang ada di Kalianda, setelah memyusuri beberapa air terjun yang ada di Kalianda, kamu juga dapat mencoba mengunjungi air terjun way tajur.

Suasana yang dihadirkan oleh air terjun way tajuh masih sangat terjaga keasriannya, terlihat dari beberapa pepohonan yang masih tumbuh subur disekitar air terjun tersebut.

6. Curug Raja Saka


Tiket 
LokasiKlawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan
Bila kamu berwisata ke pantai minang rua, jangan lupa untuk sekalian mampir ke air terjun raja saka, lokasinya yang berada tidak jauh dari pantai miang rua dan jarak ditempuhnya sekitar 1 kilometer saja.

Pepohonan yang masih rimbun serta bentuk curugnya yang unik, bisa kamu jadikan sebagai spot foto yang sangat instagramable. Buat kamu yang suka mengunjungi tempat-tempat baru, kamu bisa coba datang berwisata ke curug raja saka.

7. Air Terjun Curug Layang

air terjun curug layang
air terjun curug layang sumber foto dari instagram @airterjun_curuglayang

TiketRp. 5.000 (biaya operasional)
LokasiJalan Margadantaran, Desa Tanjung Heran, Dusun Jati, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan
Memiliki ketinggian sekitar 10 meter membuat curug layang terlihat sangat indah dari kejauhan, lokasinya yang masih asri serta aliran airnya yang tidak terlalu deras membuat air terjun ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Hal yang paling menarik adalah akses menuju air terjun yang bisa di capai menggunakan kendaraan roda dua, jadi kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa sampai ke lokasi air terjun tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua.

8. Air Terjun Way Tumbai

Tiket 
LokasiKaki Gunung Rajabasa, Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan
Memiliki ketinggian sekitar 10 meter membuat air terjun way tumbai terlihat indah, ditambah aliran airnya yang menyabar mengikuti dinding bebatuan sangat terlihat indah.

Dalam Bahasa lampung nama air terjun way tumbai berasal dari kata way (air) dan tumbai yang artinya dahulu , jadi way tumbai dapat diartikan sebagai air terjun yang sudah ada sejak dulu. Air terjun way tumbai sendiri dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) serta warga yang memiliki kebun di sekitaran air terjun tersebut.

Oke sahabat wisata, itulah ulasan singkat dari 8 wisata air terjun yang berada di kabupaten Lampung Selatan, jika kamu memiliki informasi terbaru dari wisata air terjun di atas, silahkan tulis dikolom komentar, happy holiday.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search