-->

12 Wisata Air Terjun di Lampung Barat yang Bisa Kamu Jelajahi Keindahannya

- February 23, 2023
Wisata air terjun yang berada di Provinsi Lampung menyajikan beberapa keindahan yang tentunya tidak akan kamu temui di tempat-tempat lainnya, karena setiap kabupaten tentunya memiliki letak geografis yang berbeda.

Lampung Barat adalah salah satu kabupaten yang menyuguhkan indahnya tempat wisata bertemakan alam, yaitu wisata air terjun. Disini kamu dapat menjumpai beberapa air terjun mulai dari aliran airnya yang deras serta memiliki ketinggian namun tetap menyuguhkan keindahan.

Berikut ini ada 12 air terjun yang ada di Kabupaten Lampung Barat yang bisa kamu kunjungi ketika beriwsata ke sini:

1. Air tejrun Semantung

air terjun semantung
air terjun semantung sumber foto dari instagram @rebel_lpg

LokasiDusun Semantung, Pekon Basungan, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat.
Memiliki ketinggian lebih dari 40 meter air terjun Semantung menyuguhkan keindahan dengan percikan airnya yang membasahi bebatuan disekitarnya. Berlokasi di kecamatan Pagar Dewa menjadikannya salah satu air terjun dengan keindahan alam yang mempesona di Kabupaten Lampung Barat.

Mungkin kamu bisa saja bertanya mengapa Air Terjun Semantung disebut juga dengan sebutan air terjun Bangkuang, Jadi Menurut Penuturan Masyarakat sekitar, sebutan bangkuang tersebut berawal dari banyaknya tumbuhan Pandan yang ada disekitaran air terjun tersebut. Bangkuang adalah sejenis tumbuhan seperti pandan dan masyarakat sekitar sering menyebut tanaman tersebut dengan sebutan Bangkuang.

Nah sedangkan untuk penyebutan Air Terjun Semantung sendiri diambil dari nama dusun disekitar lokasi air terjun tersebut.

2. Air Terjun Cangkaan

LokasiPemangku Cengkaan Pekon Way Petai, Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat
Air terjung Cangkean adalah air terjun selanjutnya yang memiliki ketingian sekitar 40 meter, view disekitar air terjun ini sangat indah, disini kamu juga dapat menjumpai beberapa spot foto yang menarik dengan latar belakang dari air terjun cangkean itu sendiri.

3. Air Terjun Way Balak

Lokasi: Sedampah, Kecamatan Liwa, Kabupaten Lampung Barat
Air terjun way balak memang salah satu air terjun yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, keberadaaanya yang agak sulit dijangkau membuat tempat wisata ini jarang untuk dikunjungi, namun jika kamu tipe-tipe orang yang suka dengan tantangan kamu bisa mencoba untuk berkunjung ke air terjun ini.

4. Air Terjun Kepala Naga

LokasiHutan Register 44b, Pemangku Guntuk, Pekon Simpang Sari, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat
Memiliki ketinggian sekitar 20 meter membuat air terjun kepala naga bisa menjadi salah satu destinasi wisata air terjun yang bisa kamu masukkan kedalam jadwal wisata ketika berkunjung ke Lampung Barat.

Penamaan air terjun kepala naga sendiri berasal dari bebatuan yang ada di bawah air terjun tersebut yang menyerupai kepala naga, sehingga masyarakat sekitar sering menyebutnya air terjun kepala naga.

5. Curug Air Hitam

LokasiTalang Mbah Gimo, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat
Curug air hitam memang tidak terlalu tinggi namun tetapi memberikan nuansa tenang serta spot foot yang menarik. Ketinggian dari air terjun ini sekitar 7-10 meter dengan lingkungan yang masih sangat asri dan alami.

6. Air Terjun Sepapa Kanan dan Kiri

LokasiPekon (Desa) Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat
Air terjun Sepapa Kanan dan Air Terjun Sepapa kiri merupakan dua air terjun yang berbeda namun memiliki aliran air yang sama yaitu sama sama dialiri dari sungai yang berasal dari kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan (TNBS).

ketinggian kedua air terjun ini juga cukup berbeda, untuk air terjun sepapa kanan mempunyai ketinggian 60 meter, sedangkan untuk air terjun sepapa kiri mempunyai ketinggian 20 meter.

7. Air Terjun Bayur

LokasiTalang Bayur, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat
Air terjun bayur merupakan air terjun selanjutnya yang memiliki keindahan yang patut kamu kunjungi, namun begitu lokasinya yang sulit untuk dicapai membuat air terjun ini masih sangat jarang terekspos ke media. Jika kamu sedang berwisata ke Lampung Barat, kamu dapat mencoba serunya berwisata ke air terjun bayur.

8. Air Terjun Way Sepuga

Lokasi: Hutan Desa Sukarame, Bedudu, kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat
Air terjun sepuga boleh dibilang manjadi salah satu alternative buat kamu yang ingin mengunjungi wisata air terjun dengan akses yang mudah untuk dijangkau, namun memerlukan tenaga yang cukup kuat karena akan melewati anak tangga.

Tetapi rasa lelah tersebut akan dibayar oleh indahnya pemandangan yang akan kamu dapatkan setelah sampai di air terjun way sepuga.

9. Air Terjun Way Ngison

LokasiPekon Way Ngison, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat
Buat kamu yang ingin mencari air terjun dengan debit air yang besar kamu bisa mengunjungi air terjun way ngison. Debit airnya yang besar serta alirannya yang menyebar akan terlihat sangat indah jika kamu menggunakannya sebagai background foto.

10. Air Terjun Petai

LokasiPekon Way Petai, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat
Buat kamu yang suka mencari keindahan-keindahan air terjun kamu coba mencoba mengunjungi indahnya air terjun patai. Aliran airnya yang melebar serta arus airnya yang melebar membuat air terjun ini sangat indah untuk dijadikan sebagai spot foto.

11. Air Terjun Mabar

LokasiDesa Mabar, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat
Memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan meski aliran airnya tidak terlalu besar membuat air terjun mabar tetap terlihat indah, berlokasi di kecamatan Way Tenong kabupaten Lampung Barat, jika kamu berwisata ke kabupaten ini jangan lupa mampir ke sini ya.

12. Air Terjun Talang Enam

LokasiTaman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS)
Berada diTaman Nasional Bukit Barisan Selatan membuat Air terjun ini agak sulit untuk ditempuh, namun buat kamu para pecinta keindahan air terjun kamu bisa mencoba mengunjungi tempat ini dengan jalur tempuh dari Dusun Talang Enam, Pekon Padang Tambak, Kecamatan Way Tenong, Kabupaten Lampung Barat.

Tips berikut ini mungkin akan sangat berguna buat kamu yang akan berwisata ke air terjun seperti selalu gali informasi mengenai air terjun yang akan dikunjungi mulai dari aksesnya, lokasinya sampai dengan harga tiket masuknya.

Jika air terjun yang akan kamu kunjungi masih belum terlalu banyak dikunungi, ada baiknya kamu datang bersama dengan rombongan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Oke sahabat wisata, itulah ulasan singkat dari 12 air terjun yang ada di kabupaten Lampung Barat, jika kamu memiliki informasi terbaru dari tempat wisata di atas silahkan tulis dikolom komentar, happy holiday.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search