-->

Pesona Air Terjun Tirai di Kabupaten Tanggamus

- July 07, 2020
Kalian pasti tahu keindahan Pantai gigi hiu, Pantai dengan spot tebing tinggi yang menyerupai gigi hiu tersebut berlokasi di kabupaten tanggamus. Kabupaten tanggamus memang terkenal dengan beberapa keindahan wisata pantainya dengan spot spot yang unik dan menarik. Eits yang perlu kamu tahu ternyata tanggamus juga memiliki keindahan alam lainnya Laoh, kira kira kamu tahu tidak?

Baca Juga: Karena Keindahan Pantai Gigi Hiu Membuat Siapapun Ingin Mengunjunginya

Yups bener banget, Tanggamus tidak hanya terkenal dengan beberapa keindahan pantainya yang eksotis kamu juga harus tahu beberapa air terjun yang tidak kalah menarik ada juga loh di kabupaten ini.

Seperti yang akan kita ulas berikut ini yaitu air terjun Tirai. Sudah banyak traveler  yang berkunjung ke air terjun ini, bahkan beberapa postingannya dimedia sosil sangat banyak mendapatkan respon positif karena kagus akan keindahannya.

Air Terjun Tirai 
air terjun tirai datar lebuay
air terjun tirai datar lebuay via insta @fadell.koh
Secara Administratif, Air terjun tirai masih masuk dalam wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Batu Tegi Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung.

Sampai saat ini masih banyak yang menyebut air terjun ini dengan sebutan yang berbeda beda, sebenarnya sih tidak ada yang salah mengingat penyebutan tersebut berdasarkan pada nama wilayah dan bentuk air terjun itu sendiri. 

Ada beberapa orang yang menyebut ait terjun tersebut dengan sebutan air terjun tirai, karena aliran air yang turun dari bebatuan tersbut menyerupai tirai da nada juga yang menyebut air terjun datar lebuay karena lokasinya yang berada di Desa Lebuay.

Banyak pengunjung yang datang ke air terjun ini untuk berfoto, karena backgroundnya sangat indah ketika berfoto di air terjun tersebut.

Harga Tiket ke Air Terjun Tirai datar Lebuay
tiket masuk ke air terjun tirai
tiket masuk ke air terjun tirai via insta @iamvikalsamudra
Harga tiket masuk ke air terjun Tirai Sebesar Rp. 5.000,-. Dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal tersebut kamu sudah dapat menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa.

Lokasi Air Terjun Tirai



Untuk lokasinya sendiri, Air Terjun Tirai Berlokasi di Desa Lebuay, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Untuk mempermudah pengunjung ingin berkunjung berikut ini beberapa tips rute yang dapat kamu lalui ketika berkunjung ke Air Terjun Tirai.

Jika kamu memulai perjalanan dari Kota Bandar Lampung,  kamu akan menempuh perjalanan sejauh 97.8 km melalui jalan lintas barat sumatera, lalu cari jalan kearah Tanggamus, melewati Gedung Tatan dan Pringsewu. Setelah sampai di Talang Padang, cari jalan kea rah bendungan batu tegi ke Pasar Air Naningan ikuti jalan tersebut hingga sampai ke desa lebuay.

Untuk kamu yang baru pertama kali berkunjung ke Air Terjun Tirai ada baiknya kamu mengajak teman yang sudah pernah berkunjung kesana, atau gunakan layanan goggle maps untuk memandu perjalanan.

Fasilitas di Air Terjun Tirai
fasilitas di air terjun tirai datar lebuay
fasilitas di air terjun tirai datar lebuay via insta @muthohar_amrulloh
Bagi sebagian pengunjung yang datang ke tempat wisata pasti menginginkan fasilitas menarik yang mereka dapatkan ketika berwisata ke air terjun tersebut. Nah selama berwisata ke Air Terjun Tirai, kamu juga akan mendapatkan beberapa fasilitas menarik.

Saat berada di Air Terjun Tirai, kamu akan melihat keindahan keindahan yang ada disana, mulai dari alamnya yang masih sangat alami dan terjaga hingga view air terjunnya yang sangat indah.

Kamu juga dapat menemukan tumbuhan langka, yaitu bunga bangkai (Amorphophallus titanium) atau yang sering disebut dengan suweg raksasa. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman endemik sumatera yang biasa ditemui di wilayah Bengkulu dan lampung.

Tips Berwisata ke Air Terjun Tirai
tips berwisata ke air terjun tirai datar lebuay
tips berwisata ke air terjun tirai datar lebuay via insta @hasanjunior222
Beberpa tips yang dapat kamu berikan buat kamu saat berwisata ke Air Terjun Tirai mungkin hamper sama dengan beberapa tips lainnya ketika berkunjung ke tempat wisata alam, misalnya selalu menjaga kebersihan, selalu ikuti aturan yang diberlakukan dan tidak merusak fasilitas yang ada.

Oke sahabat wisata itulah beberapa ulasan mengenai tempat wisata yang satu ini. Jika menurut kamu artikel ini bermanfaat, silahkan kamu share ke teman-temanmu ya. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search