-->

Tanjung Tua, Destinasi Indah di Ujung Provinsi Lampung

- August 15, 2019
Hallo sahabat wisata, meluangkan waktu untuk berlibur mungkin sudah menjadi keharusan ya, terutama buat kamu yang pekerjaannya menuntut untuk selalu standby didepan komputer. 

Liburan itu penting ya, kalau bisa jadwalkan satu bulan sekali untuk liburan, karena fungsi liburan itu sangat banyak, Selain untuk mencarger kembali energy dalam diri, liburan juga berfungsi untuk merelaksasi pikiranmu. Nah, berbicara soal liburan mungkin ada beberapa pertanyaan yang akan muncul dalam benakmu.

kemana akan berlibur?
Bagaimana akses menuju lokasi tempat berlibur?
Apa saja fasilitas yang akan didapatkan ketika sudah sampai ditempat berlibur?

Oke guys, berbicara soal liburan, kali ini kita akan berlibur ke salah satu Provinsi yang letaknya paling ujung pulau Sumatera. Porvinsi apakah itu? Ya kamu benar, itu adalah Provinsi Lampung.

Pariwisata di Provinsi Lampung baru-baru ini memang tengah naik daun. Mencuatnya Pariwisata di Lampung tidak lain karena keindahan Pulau pahawang. 

Baca Juga : 10 tempat wisata yang asik di Bandar Lampung yang asik untuk dikunjungi 

Pulau tersebut dikenal indah oleh beberapa wisatawan,  dimana Pulau tersebut menghadirkan beberapa keindahan yang dapat memikat hati wisatawan yang mengunjunginya. Keindahan-keindahan tersebut diantaranya seperti Pulaunya yang masih sangat natural, pasir pantainya yang bersih dan air lautnya yang sangat jernih.

Namun, bukan pahawang yang akan kita bahas untuk tempat liburan kali ini, melainkan Pantai Tanjung Tua yang berada di Kecematan Bakauheni Provinsi Lampung.

Pantai Tanjung Tua
view keindahan pantai tanjung tua
view keindahan pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan
Pantai Tanjung Tua adalah pantai yang terletak di ujung kecamatan Bakauheni. Pantai ini mulai dikenal oleh beberapa wisatawan berkat media sosial, misalnya facebook, instagram dan twitter. 

Beberapa orang yang pernah berlibur ke Pantai Tanjung Tua mengunggah hasil foto nya, dan dari saat itulah Pantai tanjung Tua banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Tanjung sendiri bisa berarti tanjung atau anjungan, karena sebagian besar bebatuan yang berada di pantai ini ukurannya sangat besar dan letaknya mengarah ke tengah laut.

Untuk View yang kamu dapatkan ketika berwisata ke pantai ini memang sangat natural sekali. Hal tersebut dapat kamu lihat dari pepohonan besar yang rimbun disekeliling pantainya. 

Bila kamu ingin bermain pasir di Pantai Tanjung Tua ini, nampaknya kamu harus mengurungkan niatmu, karena memang hampir delapan puluh persennya pantai ini dipenuhi oleh bebatuan yang berwarna hitam ekseotis.

Sesekali ketika kemu menyusuri tepi pantainya, kamu akan menemui penduduk sekitar yang sedang menangkap ikan dengan menggunakan panah. Memang pantai yang memiliki bebatuan besar banyak dijadikan rumah oleh ikan-ikan yang hidup disekitaran pantai dan hal tersebut dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk menangkapnya.

Lokasi Pantai Tanjung Tua



Lokasi menjadi hal terpenting yang harus di pikirkan oleh wisatawan mulai dari jarak, akses hingga medan yang ditempuh hingga sampai di lokasi wisata tersebut.

Pantai tanjung tua sendiri berlokasi di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

Untuk menuju tempat wisata ini memang tidak mudah, mengingat medannya yang hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Sedangkan untuk rute menuju Pantai Tanjung Tua, ada dua alternative yang dapat kamu gunakan. Yaitu dari arah bakauheni dan dari arah Bandar lampung.

Pertama, dari arah bakauheni. Jika kamu adalah seoarang wisatawan yang berasal dari luar daerah sumatera dan datang ke provinsi lampung menggunakan moda transportasi laut dan bersandar di pelabuhan bakauheni, dari Pelabuhan bakauheni menuju Pantai Tanjung Tua berjarak sekiitar 4,6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, relatif dekat untuk ditempuh.

Kedua, dari arah Bandar lampung. Jika kamu merupakan wisatawan yang berasal dari Bandar lampung, atau wisatawan dari luar daerah yang menggunakan moda transportasi udara sebagai media berlibur ke lampung, jarak dari Bandar lampung menuju Pantai Tanjung Tua memang sedikit lebih jauh, kamu harus menempuh jarak sekitar 93,6 km atau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit. Hemm cukup jauh ya.

Setelah sampai Desa Way Apus (atau cari monument dengan bertuliskan BAKAUHENI), masuk ke arah kiri jika dari bakauheni dan arah kanan jika dari Bandar Lampung. ikuti terus jalan tersebut hingga melewati terowongan jalan tol trans sumatera.

papan penunjuk arah ke pantai tanjung tua
papan penunjuk arah ke pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan
Setelah melewati terowongan kamu akan menemukan tempat cuci motor dan pertingaan jalan, ambil kearah kanan, hingga kamu menemukan papan petunjuk arah menuju pantai tersebut. ikuti saja pantai tersebut hingga mengantarkanmu sampai di Pantai Tanjung Tua.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tanjung Tua
pintu masuk di pantai tanjung tua
pintu masuk di pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan
Biaya masuk atau tiket masuk menuju Pantai Tanjung Tua sangat terjangkau, dimana pengujung hanya dikenakan tarif sebesar Rp.10.000 per kendaraan. Sangat terjangkau ya.

Tapi ngomong-ngomong soal kendaraan, kamu jangan membayangkan jika membawa mobil kenakan sepuluh ribu juga ya, karena yang bisa masuk ke pantai ini hanya kendaraan roda dua saja. Hal tersebut disebabkan oleh medannya yang sedikit menanjak ditambah akses jalannya yang lebarnya hanya 100 cm saja.

Sedangkan untuk jam oprasionalnya, pantai Tanjung Tua mulai beroprasi dari Jam 09.00 pagi hingga pukul 16.00 sore saja. Memang tempat wisata ini belum dibuka 24 jam, mengingat aksesnya yang sulit serta minimnya penerangan jalan.

Fasilitas di Pantai Tanjung Tua

Melihat banyaknya antusias wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Tua, masyarakat sekitar dan bekerjasama dengan karangtaruna memperbaiki beberapa akses serta sarana yang tersedia di Pantai Tanjung Tua.

Nampak Jelas, jalan setapak yang dilalui oleh kendaraan roda dua kini sudah di semen/cor agar pengguna jalan tidak tergelincir ketika hujan datang.

Beberapa fasilitas lainnya juga terlihat sudah mulai di bangun, dengan harapan dapat dimanfaakan oleh pengunjung ketika berwisata ke Pantai Tanjung Tua.

Berikut ini ada beberapa Fasilitas di Pantai Tanjung Tua yang dapat kamu gunakan untuk berfoto atau atau hanya sekedar bersantai.

Anjungan
anjungan di pantai tanjung tua
anjungan di pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan
Terdapat sebuah anjungan dengan panjang sekitar 15-20 meter mengarah ketengah laut. di ujungnya berbentuk rumah dengan lantai 2 tingkat.

Biasanya anjungan ini digunakan untuk berfoto-foto oleh pengunjung yang datang berlibur ke Pantai ini.

Batu Bertulis
spot batu bertulis di pantai tanjung tua
spot batu bertulis di pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan
Spot foto lainnya adalah batu bertulis. Batu bertulis disini artinya batu-batu yang telah disusun diisi dengan tulisan yang beragam, mulai dari pantun, pepatah hingga gombalan-gombalan cinta.

Pemandangan dari Atas Batu
keindahan pantai tanjung tua
keindahan pantai tanjung tua foto via nyoman darmawan
Mungkin bagi sebagain pengujung ini adalah spot yang paling menarik, karena untuk dapat melihat Pantai Tanjung Tua Secara keseluruhan, kamu harus sedikit mendaki bebatuan yang ada di Pantai tersebut. memang sedikit agak curam, maka dari itu disarankan menggunakan alas kaki yang tidak licin.

Setelah sampai diatas tebing batu tersebut, kamu dapat melihat betapa indahnya hamparan laut biru serta rimbunnya pepohonan yang ada di sekitaran pantai Tajung Tua tersebut.

Penginapan dekat dengan pantai Tanjung Tua

Lokasi Pantai Tanjung Tua yang berada agak dari perkampungan memaksa pengunjung untuk keluar dari pantai tersebut agar bisa mendapatakan penginapan.

Panginapan yang terdekat dari Pantai Tanjung tua berada di Kelurahan Way Baka dengan jarak sekitar 8 km. Nama Penginapan Tersebut adalah Kafe Kedas.

Selain menyajikan aneka olahan minuman dan makanan, kafe ini juga menyediakan penginapan utuk pengunjung yang berwisata disekitaran Kecamatan Bakauheni.

Untuk alamat lengkapnya, Kafe Kedas ini berlokasi di Jalan Trans Sumatera Km.3 Kelurahan Way Baka Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.
Menginap di Kafe ini sangat nyaman, harganya juga bersahabat. 

Dimana permalamnya pengujung hanya dikenakan tarif sekitar Rp.280.000. Harga tersebut sangat terjangkau ya, apa lagi untuk traveler.

Berikut ini nomor telepon yang dapat kamu hubungi dalam pemesanan kamar di Kafe Kedas 0823-1021-7064.

Tips Berwisata ke Pantai Tanjung Tua

Demi kenyamanan dalam berwisata, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pengujung, apa saja tips tersebut.

Pertama, usahakan untuk membawa makanan secukupnya. Biasanya pedagang yang berjualan dipantai ini hanya berualan di akhir pekan atau dihari libur saja. Jadi jika kamu datang ke pantai ini pada hari kerja, usahakan untuk selalu membawa makanan ya.

Kedua, gunakan alas kaki yang tidak terlalu licin, karena sebagian besar yang ada di pantai ini bukanlah pasir, melainkan bebatuan kecil dan besar. Jadi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selalu gunakan alas kaki yang yang nyaman dan tidak licin.

Ketiga, sama seperti tempat-tempat wisata pada umumnya, larangan membuang sampah sembarangan juga berlaku ya di Pantai ini. Selain membuat lingkungan menjadi kotor, membuang sampah sembarangan juga dapat merusak ekosistem laut.

Keempat, rawatlah fasilitas yang ada. Karena dengan tidak merusak fasilitas yang ada, secara tidak langsung kita telah merawat asset untuk anak cucu kita kelak.

Sahabat wisata itualah ulasan tempat wisata yang ada didaerah saya, masih banyak lagi tempat wisata yang asik dan menarik di Provinsi Lampung, sempatkan waktu ya untuk berlibur ke daerah saya. Nah dari pada sahabat penasaran ayo siapkan jadwal untuk eksplore keindahan wisata alam yang ada di Lampung. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search