-->

10 Kuliner Lampung yang Menjadi Favorit Wisatawan

- June 07, 2019
Berkunjung ke suatu daerah dengan tujuan berlibur untuk menikmati beberapa destinasi wisata yang ada di daerah tersebut mungkin sudah menjadi tujuan utama dalam jadwalmu ketika memutuskan untuk berlibur ya.

Tapi sebelum memutuskan tempat yang dituju untuk berlibur, ada baiknya kamu juga mencari refrensi dari beberapa keunikan destinasi wisatanya serta kuliner yang ada daerah tersebut.

Lampung? ya, beberapa wisatawan yang berlibur ke Kota Gajah ini memang memiliki selera kuliner yang sangat beragam, mulai dari makanan dengan olahan tradisional sampai dengan makanan dengan olahan modern.

Setiap wisatwan yang berkunjung memang memiliki makanan kesukaannya tersendiri, tak jarang beberapa toko oleh oleh harus menyiapakan lebih banyak jenis jajanan dan makanan untuk menyesuaikan selera wisatawan.
seafood
seafood via insta @jktcrab
Memiliki selera kuliner tersendiri memang menjadi keunikan dari beberapa wisatawan, tidak jarang mereka sangat memfavoritkan beberapa kuliner yang memang pernah mereka beli dan saat berkunjung ke lampung ingin membelinya kembali.

Untuk itu, berikut ini kami rangkum 10 Kuliner Pilihan Wisatawan yang berkunjung ke Lampung yang mungkin nantinya dapat kamu gunakan sebagai refrensi mencari kuliner favorit ketika berwista ke Lampung.

1 Seruit
seruit lampung
seruit lampung via insta @yantigendismr
Seruit, ya. Makanan khas daerah lampung ini memang memiliki penyajian dan olahan yang terbilang cukup unik namun nikmat.

Menu utamanya adalah olahan ikan. Biasanya, ikan yang digunakan sebagai seruit adalah ikan layis, baung atau blide.

Dimana ikan yang sudah di bersihkan tersebut kemudian dibakar atau digorang dicampur bersama sambal terasi dan kemudian dicampur kembali dengan Buah Durian (tempoyak) atau Manga yang sudah dibersihkan atau dihaluskan.

Seruit siap untuk dihidangkan dan dinikmati bersama dengan keluarga atau teman terkasih.

2 Bakso Sony
bakso sony lampung
bakso sony lampung via insta @anom_batam
Berlokasi disekitaran kota Bandar lampung, dengan akses yang sangat mudah dijangkau serta fasilitas yang rumah makan yang memadai menjadikan rumah makan Bakso Sony ini sangat terkenal bagi pengunjung yang pernah datang ke lampung.

Memiliki tekstur yang lembut serta kuah yang nikmat membuat bakso sony sangat laris setiap harinya.

Penjualan bakso sony bukan hanya pada hidangan baksonya saja, tetapi dirumah makan ini juga terdapat bakso yang sudah dibekukan dan di packing dengan rapi sehingga dapat dibawa pulang, menarik ya.

3 Pempek 123
pempek 123 lampung
pempek 123 lampung via insta @ito9784
Makanana khas Palembang ini juga dapat kamu temui di Lampung loh, makanan terbuat dari olahan ikan dan disajikan bersama dengan kuah cuka yang berwarna kecoklatan membuat pempek 123 memiliki rasa yang sangat nikmat serta memiliki cita rasa tersendiri.

Sama pada umumnya, ada beberapa variant olahan pempek di tempat makan pempek 123 ini. Mulai dari kapal selam, pempek adaan, telur, hingga lanjer potong.

Jika kamu berniat membelikan orang dirumah, tanang saja pempek 123 juga menyediakan pempek yang sudah diawetkan dengan kemasan vakum jadi bisa awet hingga sampai di rumah.

4 Keripik Pisang Aneka
keripik pisang aneka
keripik pisang aneka via insta @yukisyakila
Selain sebagai penghasil kopi, lampung juga menjadi provinsi penghasil pisang yang lumayan banyak, hingga dikirim ke luar sumatera. 

Namun berkat tangan tangan kreatif pemuda-pemudi lampung, mereka membuat olahan jananan yang menggunakan pisang sebagai bahan dasarnya.

Keripik pisang lampung, ya, sudah banyak orang yang mengenal jajanan khas lampung ini. sampai menjadikannya sebagai oleh oleh khas lampung. Setiap orang yang berkunjung pasti mencari olahan pisang ini sabagai buah tangan untuk anak dirumah.

Keripik Pisang Aneka memang memiliki beberapa variant rasa, mulai dari Original, Coklat hingga rasa duriant tersedia disana.

5 Pie Pisang Yussy Akmal
pie pisang yussy akmal
pie pisang yussy akmal via insta @yussyakmal
Selain terkenal dengan Keripik Pisang, Ternyata makanan berbahan dasar pisang ini dapat disulap kembali menjadi Pie Pisang. 

Ditangan-tangan kreatif inilah pisang dapat dijadikan berbagai macam olahan yang menarik. salah satunya adalah Pie Pisang ini. 

Pie Pisang yang dijual di Kota Bandar Lampung ini memiliki beberapa variant rasa, mulai dari rasa coklat, keju, almond Kismis, Chocoball dan Cuppucino.

Toko Yussy Akmal beralamat di Jalan ZA Pagar Alam, Labuhan Ratu, Kecamatan Kedaton, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung Kode Pos 35132.

6 Kopi Lampung
kopi lampung
kopi lampung via insta @cirebonberkabar
Memiliki perkebunanan kopi yang cukup luas menjadikan lampung terkenal sebagai penghasil kopi yang berkualitas. 

Salah satu kopi yang dihasilkan oleh provinsi lampung adalah kopi robusta, yaitu kopi dengan tekstur lembut serta halus serta berkualitas.

7 Lapis Legit
lapis legit lampung
lapis legit lampung via insta @mylapislegit_
Siapa yang tidak kenal dengan jajanan ini. Biasanya jajanan ini banyak di temui di pasar-pasar tradisional atau di toko yang menjual berbagai olahan kue basah.

Kue yang berbahan dasar tepuang terigu, mentega dan telur ayam ini sangat diminati oleh wisatawan dan sudah wajib tentunya jika berkunjung ke Lampung untuk membeli Kue Lapis Legit ini sebagai oleh-oleh.

Rasanya yang manis dan lembut menjadikannya sebagai oleh-oleh terfavorit beberapa wisatawan yang sering berkunjung ke Lampung.

8 Seafood Aliong
seafood aliong
seafood aliong via insta @abie_md
Rumah makan yang beralamat di Jalan Gurame No.20 Pesawahan, Kecamatan Telukbetung Selatan, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung ini memang selalu ramai dikunjungi olah para pecinta seafood.

Menu olahan seafood yang disajikan oleh rumah makan ini sangat beragam, mulai dari Kepiting, Kerang, Udang dan masih banyak lagi yang lainya.

Bumbu yang digunakan juga sangat alami, karena memakai rempah-rempah. Yang tentunya akan menciptakan aroma yang nikmat serta rasa yang gurih.

9 Sambal Lampung
sambal lampung
sambal lampung via insta @king_jualapaaja
Ternyata Lampung juga memiliki olahan sambal sebagai teman makanmu loh. Sambal Lampung? ya, berbahan dasar cabai caplak segar, ditambah gula, cuka dan bawang putih nampaknya bisa membuat lidah kamu bergoyang.

Sambal Lampung ini banyak dijual di toko oleh-oleh yang ada di Lampung. Nah jika kamu berwisata ke Lampung kamu dapat membelinya di toko oleh oleh.

10 Mie Lampung
mie lampung
mie lampung via insta @jeanneverneavy
Mungkin nama mie lampung sudah tidak asing lagi bagi anda yang sering berkunjung ke Lampung, Mie yang berntung kecil-kecil serta halus ini memang banyak disukai oleh wisatawan.

Penyajiannya cukup sederhana, dimana mie yang sudah dimasak tersebut diberi daging ayam yang dincincang kecil-kecil, serta tidak lupa diberikan sayuran sawi hijau serta kuahnya diberi daun seledri dan daun bawang sebagai penyedap.

Itulah 10 kuliner lampung yang menjadi favorit wisatwan ketika berwisata ke Lampung. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan kalian share ke teman-teman kalian.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search