-->

Berwisata Sambil Melihat Penangkaran Penyu di Pantai Minang Rua Bakauheni

- October 30, 2018
Hay sobat tempat wisata Lampung, kali ini kami akan menceritakan pengalaman kami saat beriwsata ke Pantai Minang Rua. Di Pantai Minang Rua kami mengujungi penangkaran anak-anak penyu (tukik) yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai. 
penangkaran penyu di pantai minang rua
penangkaran penyu di pantai minang rua
Ada dua kolam yang yang berukuran 2x2 meter digunakan untuk pengembangbiakan anak punyu disana. Kedua kolam tersebut sudah dilengkap dengan oksigen serta sirkulasi air yang sangat bagus, yang membuat bayi-bayi penyu tersebut terlihat sangat senang dan aktif bergerak.

Beberapa jenis penyu yang diketahui bertelur di Pantai Minang Rua ini adalah berjenis penyu belimbing dan penyu hijau.
penangkaran penyu di pantai minang rua
penangkaran penyu di pantai minang rua
Pengelola Pantai Minang Rua menyebutkan bahwa untuk melpas tukik/anak penyu tersebut kembali kehabitatnya  aslinya yaitu laut lepas, perlu memerlukan waktu atau usia tukik sekitar 7 Bulan. Agar nantinya anak penyu tersebut dapat bertahan hidup.

Pantai Minang Rua menjadi daya tarik utama wisata di pantai Bakauheni, mari kita review Pantai Minang Rua yang menjadi tempat penagkaran penyu sekaligus tempat wisata di Daerah Bakauheni ini.

Pantai Minang Rua
pantai minang rua bakauheni
pantai minang rua bakauheni
Pantai Minang Rua adalah pantai yang berada cukup dalam dari sebuah perkampungan yang berada di desa Klawi. Pantai Minang Rua sendiri merupakan pantai dengan jumlah penduduk yang sudah dibilang cukup ramai dan padat, masyarakat sekitar Pantai Minang Rua umunya berprofesi sebagai nelayan terlihat dari banyaknya perahu yang terparkir di bibir Pantai Minang Rua.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Minang Rua



Pantai Minang Rua adalah pantai yang lokasinya terbilang cukup jauh di di tengah permapungan namun memiliki keindahan yang menawan karena di kelilingi oleh pasir putih yang bersih serta tebing bebatuan yang indah.

Pantai Minang Rua berlokasi di Desa Klawi Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. 

Rute menuju Pantai Minang Rua dapat ditempuh dari dua arah, baik itu dari arah Bandar Lampung atau dari arah Bakauheni. Tenang saja, kami akan bahas satu-persatu akses jalan menuju Pantai Minang Rua ini.

Akses jalan yang pertama, kamu yang dari pelabuhan Bakauheni dapat mencari jalan kea rah trans sumatera menuju desa Klawi. Tepat sebelum POM Garuda Hitam atau sesudah Kafe Kedas ada gang dengan jalan menuju desa Klawi.

Jalan dari desa Klawi sampai ke lokasi Pantai Minang Rua  terbilang cukup bagus, karena jalannya sudah di cor oleh pemerintah setempat

Ikuti jalan di desa Klawi tersebut sampai kamu menemukan papan petunjuk masuk ke Pantai Minang Rua, tidak jauh dari papan masuk tersebut ada gang masuk ke kiri, dengan jalan menuruh yang cukup miring, pastikan rem kendaraan kamu cukup bagus ya.
papan selamat datang di pantai minang rua
papan selamat datang di pantai minang rua
Ikuti jalan tersebut, sekitar 600 meter kamu akan menemukan pos tiket masuk ke Pantai Minang Rua, itu artinya kamu sudah sampai di Pantai Minang Rua. 

Akses jalan kedua dari Kota Bandar Lampung, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dapat mengikuti maps atau jalan tujuan pelabuhan Bakauheni, dan jika kamu menggunakan kendaraan Umum dari terminal Rajabasa cari jurusan ke arah pelabuhan Bakauheni dengan tariff sekitar Rp. 40.000,-.

Jalan masuk ke Pantai Minang Rua sama dengan akses jalan yang pertama, jika dari arah Bandar Lampung sesudah POM garuda hitam, sekitar 100 meter dan sebelum Kafe Kedas sekitar 50 Meter. 

Harga Tiket Masuk dan Jam Oprasional ke Pantai Minang Rua
harga tiket masuk ke pantai minang rua
harga tiket masuk ke pantai minang rua
Harga Tiket Masuk ke Pantai Minang Rua Rp. 5000,- untuk 1 kendaraan bermotor. Dan Rp. 10.000,- untuk kendaraan Roda empat atau mobil.
parkir di pantai minang rua
parkir di pantai minang rua
Jam Oprasional yang berlaku di Pantai Minang Rua yaitu dibuka selama 24 jam. Nah mengapa dibuka selama 24 jam, karena di Pantai Minang Rua sering dijadikan sebagai lokasi camping oleh anak-anak muda yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan di pantai bersama dengan teman-temannya.

Fasilitas di Pantai Minang Rua
fasilitas di pantai minang rua
fasilitas di pantai minang rua
Selain keindahan-keindahan pantai dan bebatuan karang yang diberkan oleh Pantai Minang Rua, ternyata ada fasilitas-fasilits lain yang dapat kamu nikmati loh saat berwisata ke Pantai Minang Rua. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

Camping
lokasi camping di pantai minang rua bakauheni
lokasi camping di pantai minang rua bakauheni
Pengelola di pantai minan gRua memberikan fasilitas sewa tempat dan tenda untuk camping. Satu orangnya pengelola mengenakan tarif sekitar Rp. 30.000,- per orang dan untuk sewa tenda Rp. 50.000 per tenda.

Sewa Ban
Nah kalau liburan bawa anak kecil pasti kamu akan menyewa ban untuk berenang si buah hati. Harga sewa Ban di Pantai Minang Rua sekitar Rp. 20.000,- per hari.

Penangkaran Penyu
penangkaran penyu di pantai minang rua
penangkaran penyu di pantai minang rua
Pantai Minang Rua Nampaknya menjadi tempat penangkaran Penyu, terlihat dari dua kolam yang diisi oleh bayi-bayi penyu dengan fasilitas oksigen dan sirkulasi yang lengkap.

Warung
warung di pantai minang rua
warung di pantai minang rua
Lapar saat berwisata ke Pantai Minang Rua, Tenang saja. Di Pantai Minang Rua banyak masyarakat sekitar yang menjual makanan ringan ataupun Mie instan yang cukup untuk mengisi perut laparmu.

Toilet dan Kamar Bilas
Fasilitas kebersihan juga telah disediakan, seperti tollet dan kamar bilas, agar memudahkan pengujung dalam membersihkan badan setelah berenang di Pantai Minang Rua.

Penginapan di Pantai Minang Rua
penginapan di pantai minang rua
penginapan di pantai minang rua
Pantai Minang Rua juga menyediakan penginapan untuk pengujung yang ingin bermalam, tersedia homestay di sekitaran Pantai Minang Rua. 

Harga Penginapan di Pantai Minang Rua mulai dari Rp. 400.000,- s/d Rp. 700.000,- per malam. Harga penginapan tersebut memang bervariasi, karena luas dan fasilitas yang disediakan penginapan tersebut juga sangat beragam.

Namun bagi yang yang mau menginap di hotel, tidak jauh dari pintu masuk desa Klawi (POM Garuda Hitam) ada hotel kedas, tepat sebelah kafe kedas.

Tips Berwisata ke Pantai Minang Rua

Pantai Minang Rua memang terletak jauh di dalam perkampungan, sebaiknya anda menggunakan kendarran pribadi yang kondisi kendarran yang sehat, karena akses jalannya yang boleh dibilang menurun dan menanjak.

Bagaimana setelah membaca artikel ini, apakah Pantai Minang Rua menjadi rekomendasi untuk mengisi liburan di akhir pekan kamu? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Kritik dan saran juga kami butuhkan untuk mengevalusi tulisan kami agar lebih berkambang lagi kedepannya.

3 komentar


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search