-->

Keindahan Air Terjun Semantung atau Bangkuang di Lampung Barat

- February 07, 2020
Hallo sahabat wisata setelah beberapa waktu lalu kita membahas tempat wisata yang berada di Kabupaten Lampung Selatan dan Bandar Lampung, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas wisata alam yang ada di Lampung Barat, yaitu air terjun Semantung atau yang sering disebut juga dengan sebutan air terjun bangkuang.

Seperti yang kita ketahui Lampung Barat merupakan satu dari lima belas Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Dengan Ibu kotanya yang berada di Liwa, membuat Liwa menjadi pusat bisnis dan pusat pemerintahan dengan segala kesibukannya.

Lampung Barat Memang Memiliki wilayah geografis yang lebih dominan adanya perbukitan, hal tersebutlah yang membuat Lampung Barat banyak memiliki wisata alam seperti air terjun. Seperti wisata alam yang akan kita bahas kali ini yaitu wisata air terjun semantung.

Air Terjun Semantung
air terjun semantung
air terjun semantung via insta @endangguntorocanggu
Mungkin sebagian dari Traveller ada yang bertanya mengapa Air Terjun Semantung disebut juga dengan sebutan air terjun Bangkuang, Jadi Menurut Penuturan Masyarakat sekitar, sebutan bangkuang tersebut berawal dari banyaknya tumbuhan Pandan yang ada disekitaran air terjun tersebut. 

Bangkuang merupakan tumbuhan seperti pandan, dan masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan sebutan Bangkuang.

Nah sedangkan untuk penyebutan Air Terjun Semantung sendiri diambil dari nama dusun disekitar lokasi air terjun tersebut.

Sekitar Bulan Juli 2019 Karang Taruna dan Pokdarwis bersama sama mengelola Air terjun Semantung ini menjadi objek wisata, namun antusiasme pengunjung yang datang ke lokasi ini memang sangat banyak, terbukti dari banyaknya wisatawan yang berkunjung pada akhir tahun lalu.

Meningkatnya antuasiasme mesyarakat tersebut tak lain karena keindahan yang dihasilkan oleh air terjun tersebut. Memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan aliran air yang cukup deras pasti membuat takjub mata pengunjung, apa lagi ditambah dengan deburan air yang jatuh membentuk biasan yang terlihat seperti pelangi jika terkena cahaya.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Semantung
air terjun semantung di lampung barat
air terjun semantung di lampung barat via insta @endangguntorocanggu
Harga tiket masuk ke Air terjun semantung boleh dibilang relatif cukup terjangkau, dimana pengunjung tidak dikenakan biaya masuk atau masih gratis. Namun Pengunjung hanya diwajibkan untuk membayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000,-.

Dengan uang lima ribu rupiah tersebut kamu sudah dapat menikmati keindahan dan kesejukan yang dihadirkan oleh air terjun semantung, keren banget kan.

Lokasi Air Terjun Semantung



Buat traveller yang ingin datang ke lokasi air terjun ini, Air terjun semantung berlokasi di Dusun Semantung, Pekon Busungan, Kecamatan Pagar Dewa, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Untuk menuju lokasi air terjun ini bisa dibilang tidak mudah, karena kamu akan melewati beberapa jalan yang sedikit curam.

Perjalanan dari Pusat Kota Liwa menuju air Terjun semantung jaraknya memang cukup jauh, sekitar 64 km atau dengan waktu tempuh sekitar 30 menit hingga sampai di lokasi.

Fasilitas di Air Terjun Semantung
keindahan air terjun semantung lampung barat
keindahan air terjun semantung lampung barat via insta @endangguntorocanggu
Untuk fasilitas penunjang memang tidak banyak yang disediakan oleh pengelola, tetapi kamu dapat menikmati keindahan-keindahan alam yang disajikan oleh alam di Lampung Barat Tersebut.

Kamu dapat membuat konten video atau hanya sekedar berfoto dengan view air terjun yang indah tersebut. Bagaimana menurutmu, tentu sangat menyenangkan ya mdapat berwisata kesana.

Tips Berwisata ke Air Terjun Semantung

Nah, untuk traveller yang ingin berwisata ke Air terjun Semantung mungkin sama dengan tempat wisata di alam terbuka lainnya. Berikut ini tips yang biasa kami berikan untuk para traveller adalah sebagai berikut:

Pertama, Selalu jaga kebersihan area sekitar tempat wisata dengan tidak mencemari aliran sungai dan jangan membuang sampah sembarangan.

Kedua, jaga Jangan merusak fasilitas yang ada, karena dengan merawatnya sama saja kita mewariskan keindahan untuk anak cucu kita.

Nah sahabat, itulah ulasan mengenai wisata alam air terjun semantung, jika meurut kamu artikel ini bermanfaat, silahkan kamu share ke teman-temanmu. Dan bila kamu mempunyai beberapa pertanyaan seputar tempat wisata di Provinsi Lampung, silahkan tinggalkan dikolom komentar.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search