-->

Kesejukan Air terjun Curug Gangsa di Way Kanan Lampung

- July 30, 2019
Hallo sahabat Wisata, setelah kemarin kita sudah membahas tempat wisata yang ada di Kabupeten Tanggamus, kali ini kita akan membahas tempat wisata yang ada di Kabupeten Way Kanan Provinsi Lampung.

Way Kanan sendiri adalah Kabupaten dari provinsi Lampung.  Dimana Way Kanan adalah sebuah pemekaran dari kabupaten Lampung Utara. 

Meskipun terbilang jauh dari daerah pantai, ternyata way kanan memiliki destinasi wisata tersendiri. Dengan memanfaatkan potensi alam yang ada, ditembah struktur wilayahnya yang boleh dibilang banyak dikelilingi perbukitan, Way Kanan sukses mengambangkan destinasi wisata air terjun. Sebut saja beberapa destinasi wisatanya adalah Air Terjun, seperti yang akan kita ulas dibawah ini.

Curug Gangsa di Lampung
curug gangsa way kanan lampung
curug gangsa way kanan lampung via insta @ribkatravelstories
Air terjun curug gangsa merupakan air terjun yang memiliki aliran air yang cukup deras, dimana katinggian air terjun ini sendiri mencapai 45-50 meter dengan lebar sekitar 15-20 meter. Dengan tinggi dan lebar yang luas tersebut, tentu air terjun ini sangat indah untuk dilihat.

Aliran air terjun curug way gangsa ini sendiri bersumber dari air sungai Way Tangkas yang mengalir Perbukitan Bukit Punggur melui beberapa desa yang ada di Kecamatan Kasui, desa desa tersebut diantaranya desa Tanjung Kurung, Desa Lebak Peniangan, yang tepat berada dibawah kaki bukitDusun Tanjung Jaya.

Harga Tiket Masuk ke Curug Gangsa di Lampung

Harga tiket masuk ke wisata air terjun Curug Gangsa sebesar Rp. 5000,- per motor. Tentunya dengan tiket masuk yang tidak mahal ini tidak akan membuat kantong kamu jebol ya.

Setalah berada di dalam tempat wisata ini beragam spot dan pemandangan indah dapat kamu termui, selain melihat indahnya air terjun yang ada, kamu juga akan disuguhkan oleh beberapa fasilitas penunjung yang ada disana.

Lokasi dan Aksek Jalan Menuju Curug Gangsa di Lampung



Air terjun Curug Gangsa berlokasi di Desa Kotaway, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Kode Pos 347767.

Untuk menuju air terjun curug gangsa ini sebenarnya bolah dibilang tidak terlalu sulit, sekarang sudah ada beberapa jenis apliakasi yang dapat memandu kamu untuk sampai di Air terjun Curug Gangsa, contohnya seperti layanan google maps.

Jika kamu mengunjungi Curug Gangsa dari Kota Bandar Lampung, kamu memerlukan waktu sekitar 4 jam 12 menit, dengan jarak tempuh sekitar 199 km.

Setibanya di Blambangan Umpu dekat dengan Islamic Centre Way Kanan Kabupaten Way Kanan, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 1 jam 2 menit lagi untuk sampai di Air terjun Curug Gangsa. 

Fasilitas di Curug Gangsa di Lampung

curug gangsa way kanan lampung
curug gangsa way kanan lampung via insta @rivaldihananto

1 Spot Foto Air Terjun
Setiap pengujung yang berwisata kesuatu tempat sudah pasti ingin melihat keindahan yang ada dilokasi tersebut. Nah, di curug gangsa kamu akan menemukan beberapa spot foto yang menarik, selain kamu dapat berfoto dengan background ait terjun yang sangat megah.

2 Saung/Pondokan
Nah, jika kamu ingin bersantai setelah puas menikmati keindahan alam yang ada di Curug Gangsa, kamu dapat duduk-duduk santai semabari menikmati makanan yang telah kamu bawa, atau yang sudah kamu beli di pedagang yang ada disekitaran tempat wisata tersebut.

3 Jembatan 
Didekat wisata air terjun Curug Gangsa ada sebuah jembatan yang terbuat dari bambu, jembatan tersebut sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat untuk berfoto dengan beckground air terjun yang indah dibelakangnya.

Hotel atau Penginapan terdekat dari Air Terjun Curug Gangsa

Bila kamu ingin lebih lama tinggal atau berlibur di Kabupaten Way Kanan, ada baiknya kamu mencoba beberapa hotel atau penginapan yang ada di Lampung Tengah, berikut ini kami berikan rekomendasi hotel yang dapat kamu gunakan sebagai tempat untuk menginap.

Hotel Wisata Bandar Jaya, adalah sebuah hotel yang bisa dibilang sangat nyaman untuk kamu yang suka dengan backpackeran. Lokasi hotel ini sendiri berlokasi di Jalan Prokamator, Bandar Jaya Timur, Lampung Tengah, Provinsi Lampung. 

Hotel ini memberikan harga yang sangat terjangkau. Harga untuk satu malamnya berkisar Rp. 176.000.Dengan harga yang tidak terlalu mahal tersebut, kamu sudah dapat menikmati nyenyaknya tempat tidur ang nyaman dan Breakfast yang siap diantar samapi kekamar.

Tips Berwisata ke Curug Gangsa di Lampung

Untuk kamu yang ingin atau akan berkunjung ke tempat wisata ini, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips berikut ini agar perjalananmu semakin indah dan menyenangkan.

Pertaman, selalu jaga kondisi tubuh, mengingat kondisi jalan untuk menuju lokasi air terjun ini sangat sulit untuk dilalui, meski warga sekitar telah memperbaiki akses jalan yang ada.

Kedua, selalu jaga kebersihan tempat wisatanya dengan tidak membuang sampah secara sembarangan dan tidak mencoret-coret bebatuan yang ada disekitar air terjun.

Ketiga, pakailah sepatu atau sandal yang permukaannya yang tidak licin agar saat kamu melewati bebatuan tidak terjadi hal-hal tang tidak diinginkan.

Demikianlah tadi beberapa ulasan dari wisata air terjun Curug Gangsa, bagikan tulisan ini jika menurutmu artikel ini bermanfaat.

2 komentar

avatar

Seharus penjelasan menuju lokasi detinasi wisata apakah jalan tersebut dapat dilalui Bus Pariwisata atau tidak.
Jangan hanya Backpaker yg diutamakan.
Ada biro wisata yg harus menjadi perhitungan dalam dunia wisata


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search