-->

10 Jajanan Enak Khas Lampung yang Bikin Kamu Nostalgia

- April 03, 2019
Berbicara kuliner Lampung, kita tidak bisa lepas dari makanan khas serta jajanannya yang banyak dijual di toko oleh-oleh maupun di pedagang kaki lima.

Mulai dari jajanan basah hingga jajanan kering dapat kamu cicipi ketika kamu berwisata ke Kota Bandar Lampung. 

Memang saat ini sudah banyak toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam olahan jajanan dan manisan yang tampilannya lebih modern, seperti banana foster dan masih banyak lagi yang lainnya.


Namun ada yang lebih unik, ketika kamu melihat jajanan khas Lampung yang masih tradisional dengan packing yang masih menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari alam, itu tentu akan mengingatkanmu dengan masa kecil dan membuat kamu bernostalgia akan jajanan pasar.

Itulah kelebihan dari jajanan khas Lampung yang masih menggunakan bahan-bahan alami dan pengolahan yang tradisonal, selain pembuatannya yang masih menggunakan peralatan trasdisional, jajanan khas Lampung juga memiliki cita rasa yang sangat nikmat serta gurih.

Nah kalau kamu berlibur ke Lampung, kamu wajib mencoba beberapa jajanan khas lampung yang sudah kami rangkum menjadi 10 jajanan enak khas lampung yang bikin kamu nostalgia.

1. Geguduh
geguduh
geguduh via insta @niamarhena
Makanan yang terbuat dari pisang kepok yang sudah matang ini memang sekilas terlihat seperti kue apem pada umumnya, namun ternyata kue geguduh yang berbahan dasar pisang dan tepung terigu ini memilki rasa yang sangat nikmat loh.

Cara pengolahan kue geguduh terbilang sangat mudah, pisang yang sudah di blender hingga halus dicampurkan dengan tepung terigu dan diaduk hingga rata sehingga membentuk seperti adonan, lalu digoreng hingga matang dan langsung dapat disajikan dengan tambahan mesis coklat diatasnya,

2. Engkak
engkak
engkak via insta @drg.mariana
Memiliki tekstur yang cukup kenyal dan agak sedikit lengket, kue engkak nampaknya siap untuk menggoyang lidah para pecinta jajanan pasar di Kota Bandar Lampung.

Cara pengolahannya memang memerlukan cukup  ketelitian, karena memiliki struktur yang tidak terlalu keras sehingga dalam membentuknyapun cukup membutuhkan konsentrasi.

Kue Engkak Berbahan dasar telur dan mentega yang dicampur lalu diaduk hingga rata, setelah itu baru di kukus hingga matang, untuk menjadikan Kue engkak sangat mudah, kue yang sudah matang tinggal di iris tipis-tipis dan siap untuk disantap menemani pagi harimu yang indah.

3. Sekubal
sekubal
sekubal via insta @alejanes
Nah, jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan lontong, namun berbahan dasar yang berbada.

Sekubal berbahan dasar dari ketan dan santan yang di bungkus dengan dengan daun pisang lalu di ikat denga kali agar tidak pecah saat dimasak. Cara memasaknya juga cukup praktis, dimana sekubal yang sudah dibungkus daun pisang tersebut dikukus dalam panci hingga matang.

Cara penyajian Sekubal cukup unik, kamu hanya tinngal menyantapnya dengan makanan pendamping seperti rendang dan opor.

4. Selimpok
selimpok
selimpok via insta @masakannusantaraku
Makanan khas yang berasal dari Lampung ini secara fisik hampir mirip dengan sekubal, namun bahan yang digunakan cukup berbeda dan memiliki rasa yang sama-sama nikmat.

5. Benjak Enak

Tampilannya yang mirip dengan wajik atau jenang dan memiliki rasa yang manis dan lezat, kue benjak enak menjadi salah satu jajanan khas yang wajib kamu coba saat berwisata ke Lampung.

Kue yang terbuat dari ketan dan gula merah tersebut menyimpan banyak kalori, karena gula merah memang manyimpan banyak kalori di dalamnya.

Bagaimana apa kamu mau mencobanya?

6. Kue Lapis Legit
kue lapis legit
kue lapis legit via insta@meryandriani89
Jajanan Lampung selanjutnya adalah kue lapis legit, sebagian besar ibu-ibu sudah mengenal kue ini. Kue lapis legit memang kue yang sangat nikmat, tekstur nya yang lembut dan manis sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau sekedar teman ngopi bareng dengan keluarga.

7. Keripik coklat pisang Lampung
keripik coklat pisang lampung
keripik coklat pisang lampung via insta@oleholehlampung.id
Jajanan khas Lampung yang satu ini memang menjadi jajanan yang sangat direkomendasikan ketika kamu berlibur ke Lampung.

Keripik pisang coklat Lampung memang sudah sangat dikenal oleh banyak wisatawan, terbukti sebagian pengunjung yang datang berlibur ke Lampung selalu membeli pisang Lampung sebagai oleh-oleh.

Cara pengolahnnya hampir sama dengan keripik pisang pada umumnya, dimana pisang yang digunakan adalah pisang kepok dan goreng hingga matang. Setelah keripik matang, barulah ditaburi dengan bubuk coklat.

8. Manisan Lampung
manisan lampung
manisan lampung via insta@oleholehlampung.id
Berbicara manisan Lampung, sebenarnya hampir sama dengan manisan pada umumnya yaitu jajanan yang dibuat dari berbagai jenis buah yang segar dicampur dengan gula dan atau pemanis lainnya.

Nah manisan ini cocok banget kamu jadikan sebagai buah tangan ketika kamu berkunjung ke Lampung.

9. Lempok Durian
lempok durian
lempok durian via insta@dapoerjc
Hal pertama yang akan kamu pikirkan ketika melihat lempok durian adalah tampilannya yang kenyal mirip dengan dodol. Berbahan dasar daging durian yang gurih dan lezat, lempok durian menjadi oleh-oleh yang wajib di beli oleh pengunjung yang datang berlibur ke Lampung.

Ketika kamu masuk ke dalam toko oleh-oleh, kamu akan menemukan bannyak variant lempok durian dengan berbagai olahan dan variasi ukuran dan rasa,
Bagaimana apa kamu tertarik?

10. Kemplang
kemplang
kemplang via insta @kemplang_my_enak
Kemplang merupakan jajanan khas Lampung yang wajib dibeli oleh pengunjung yang datang berlibur ke Lampung.

Memiliki tekstur yang hampir sama dengan kerupuk, kemplang memiliki rasa yang terasa sangat gurih dan renyah saat digigit.

Namun kamu harus tau nih, walaupun memilki cirri-ciri yang sama dengan kerupuk, namun cara pengolahannya sangat berbeda. Kemplang diolah dengan cara di panggang atau di sangrai.

Cara penyajiannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal mencampurnya dengan sambal atau opor untuk menkonsumsinya.

Demikian tadi beberapa ulasan dari Jajanan enak khas lampung yang ada di Kota Bandar Lampung, bila menurut kami artikel ini bermanfaat, silahkan kamu share keteman-temanmu dan bila kamu memiliki pertanyaan seputar tempat wisata di Lampung, silahkan tinggalkan pertanyaan dikolom komentar.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search