-->

Pantai Alami Persembahan Keindahan Alam Dari Desa Ruguk

- April 04, 2018

Keindahan pantai alami
Keindahan Pantai Alami
Objek wisata yang akhir-akhir ini yang banyak dikunjungi Wisatawan adalah pantai. 

Laut memang menyimpan banyak keindahan, pantainya yang lembut dan airnya yang jernih serta terumbu karangnya yang indah membuat laut menjadi desatinasi wisata yang banyak digemari oleh wisatawan. 

Hamparan pantai yang berada di lampung memang tergolong ke dalam pantai yang masih jarang di kunjungi oleh wisatawan sebagai destinasi wisata. 

Salah satu pantai yang masih belum begitu dikenal oleh wisatawan dari luar daerah adalah pantai alami. 

Pantai Alami Desa Ruguk

Pantai alami adalah salah satu pantai dengan habitat yang masih natural, dimana pepohonan yang masih tumbuh lebat disekitaran pantainya. 

Pantainya yang bersih serta masih banyak lumut serta rumput laut yang tumbuh di sekitaran pantainya membuat pantai ini terlihat begitu alami. 

Penamaan pantai alami ini karena pantai tersebut memang tergolong pantai yang masih dalam keadaan alami atau nuansa alamnya masih kental.

Keindahan hamparan pasir pantai alami
keindahan di pantai alami
Air laut pantai alami yang tenang
Pasirnya yang lembur serta airnya yang tenang menambah suasana indah di pantai alami
Berwisata ke pantai alami mungkin sangat cocok untuk anda, karena di pantai tersebut airnya sangat tenang, cocok untuk anda yang membawa keluarga. 

Pasir yang ada di pantainyapun sangat lembut, sangat cocok terutama untuk anak-anak anda yang ingin bermain pasir di pantai tersebut. 

Di sekitaran pantai alami juga terdapat petani yang membudidayakan rumput laut. Petani tersebut biasanya berada di sekitaran pantai untuk menanam atau memanen rumput laut.

Rumah makan sijunjung patokan jalan masuk ke pantai alami
Rumah makan sijunjung yang berada tepat di depan pintu masuk pantai alami, serta lahan parkirnya yang luas

Pintu masuk utama ke pantai alami
Jalan menuju lokasi pantai alami
Lokasi dan Rute Pantai Alami

Pantai alami berlokasi di desa ruguk, kecamatan ketapang, kabupaten lampung selatan. 

Untuk mencapapai lokasi memang bukan pekerjaan mudah, jalan yang menuju ke pantai alami memang sedah di batu, namun saat hujan anda harus berhati-hati karena lumpur yang berada di jalan tersebut manjadi sangat licin, terlebih jika anda tidak berhati-hati dalam melintasinya. 

Sebenarnya akses jalanya bisa dilalui oleh roda dua dan roda empat, namun dengan kondisi jalan yang berlubang dan tergenang air kami sarankan anda untuk tidak membawa kendaraan anda ke pantai alami. 

Namun anda tenang saja tepat didepan pintu masuk ke pantai alami terdapat rumah makan yang memiliki lahan parkir yang luas dan kami sarankan untuk menitipkan semantara kendaraan anda disana.

Lokasi dari bakauheni ke pantai alami
Jalan menuju lokasi pantai alami dari pelabuhan bakauheni dengan menggunakan google maps
Untuk anda yang datang berlibur dari pulau jawa, ada baiknya anda berangkat dengan menggunakan armada penyebrangan laut, karena akan mempercepat waktu sampai anda ke lokasi. 

Jarak yang anda tempuh dari pelabuhan bakauheni ke pantai alami adalah sekitar 12 km dengan waktu yang ditempuh sekitar 23 menit. 

Lokasi pertama yang dapat anda jadikan patokan adalah rumah makan sijunjung yang tepat berada di depan pintu masuk pantai alami. 

Jarak dari pintu masuk ke lokasi pantai sekitar 800 m, cukup dekat bukan. Untuk biaya masuk pentai alami tergolong gratis, karena belum ada yang mengelolanya. 

Namun jika ada yang menjaga pintu masuk biasanya anda dikenakan Rp. 5000,- untuk perbaikan jalan ke pantai alami. 

Fasilitas di Pantai Alami

Hamparan rumput laut di pantai alami
Banyak rumput laut dan lumut yang tumbuh di batu karang yang sudah mati di pantai alami

Menikmati sunset di pantai alami
keindahan di pantai alami desa ruguk

View pantai alami yang sangat indah
View pantai alami dari kejauahan

Lumut yang tumbuh di bibir pantai alami
Rumpu laut dan lumut  yang tumbuh dibibir pantai
Hamparan batu karang di pantai alami muncul saat pasang surut air laut
Batu karang yang muncul saat pasang surut air laut


Fasilitas yang anda dapatkan di pantai alami adalah, view pantai serta hamparan pasirnya yang sangat indah, serta pepohonan-pepohonan yang masih tumbuh rindang di sekitarnya. 

Keindahan lainnya adalah jika anda berkunjung sore hari anda akan mendapatkan hamparan terumbu karang yang timbul akibat pasang surut air laut. 

Disana anda dapat berfoto-foto dengan spot-spot yang bisa anda tentukan sendiri. Namun, keindahan pantai alami memang tidak sebanding dengan fasilitas yang ada di dalamnya, dimana pantai tersebut belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. 

Kurangnya penanganan kebersihan membuat adanya sampah plastik yang ditinggalkan oleh pegunjung masih berserakan, serta belum tersedianya toilet dan warung-warung yang menjual makanan dan minuman. 

Untuk anda yang ingin berlibur ke pantai alami, kami sarankan untuk datang di akhir pekan, karena di akhir pekan biasanya banyak pengunjung yang datang berlibur serta banyak pedagang juga yang berjualan di akhir pekan. 

Nah, untuk anda yang ingin bermalam, kami sarankan anda untuk mancari penginapan di dekat pelabuhan bakauheni karena disana belum ada penduduk yang menyediakan home stay.

Sekilas Cerita di Pantai Alami

Sekilas perjalanan pantai alami, pantai alami memang sudah terkenal dari tahun 90 an, dimana banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai alami baik dari penduduk setempat atau wisatawan dari luar daerah. 

Namun semenjak datangnya PT Pasir yang yang menggunakan pantai alami sebagai kegiatan penimbunan pasir, wisatawan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan pantai alami sebagai destinasi liburan. 

Sekarang semenjak berhenti beroprasinya PT Pasir yang ada di pantai alami, pantai alami mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan. Semoga liburan anda menyenangkan dan berkesan.

2 komentar

avatar

Mau tanya dong untuk mencapai lokasi apakah ada angkutan umum yang melintasi pantai alami

avatar

Kalau transportasi umum tidak ada yg lewat sana, karena memang aksesnya yang tidak di lalui kendaraan umum


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search