-->

Keindahan Pantai Tanjung Tuha dengan Laut Birunya Pas untuk Pemancing Ikan-Ikan Besar

- March 27, 2018

Keindahan pantai tanjung tuha dari pantai
(hamparan laut biru dan pemandangan yang indah dapat di lihat dari pantai tanjung tuha)
Sahabat tempat  wisata lampung, jika kemarin kita sudah membahas keindahan menara siger sebagai ikon lampung, kali ini kita akan membahas tempat wisata yang berada tidak jauh dari menera siger itu. Tentunya kita tidak menyangka apabila tepat diseberang menara siger tersebut terdapat tempat wisata yang tidak kalah menariknya. Pantai Tanjung Tuha atau pantai tajung tua adalah hamparan pantai berbatu dengan lautnya yang biru dengan kesan alaminya menjadi salah satu tujuan parawisatawan akhir-akhir ini. Bakauheni adalah dataran tinggi yang hampir semua ujung wilayahnya adalah hamparan bibir pantai yang terbantang dari pelabuhan bakauheni hingga sampai ke pantai tanjung tuha.

Pantai tanjung tuha memang baru viral akhir-akhir ini dikarenakan spot-spot foto yang di upload oleh wisatawan ke media sosial membuat siapapun yang melihatnya ingin berkunjung ke pantai tersebut. Pantai tanjung tuha dulunya adalah tempat pemancingan yang digunakan oleh masyarakat sekitar, karena tempatnya yang bertebing dan berbatu serta lautnya yang biru dan bersih membuat biata-biota laut sangat senang hidup di dalamnya. Terlebih lautnya yang berwarna biru hanya dihuni ikan-ikan yang berukuran besar saja.
penunjuk arah ke pantai tanjung tuha
(petunjuk arah menuju pantai tanjung tuha)
Pantai Tanjung tuha terdapat di kecamatan bakauheni kabupaten lampung selatan. Lokasinya yang jauh tentu memerlukan pemandu untuk sampai ke lokasi tersebut. Anda tidak perlu khawatir jika tidak ada yang memandu, karena sudah ada petunjuk yang mengarahkan anda sampai ke lokasi pantai tanjung tuha. lokasi jalan masuknya tepat di berada sebrang siger, jika anda datang dari arah bakauheni tepat di sebelah pom bensin anda berbelok ke kanan masuk ke gang way apus hingga anda melewati jalan terowongan pembuatan jalan tol. untuk sampai ke lokasi ada baiknya anda menggunakan kendaraan roda dua, karena luas jalannya hanya dapat di lalui oleh roda dua. Sedangkan kendaraan roda empat hanya bisa sampai di perkampungan warga yang jaraknya masih cukup jauh untuk menuju ke pantai tanjung tuha. Tetapi tenang saja disana ada jasa ojek yang siap mengantarkan anda, cukup membayar sebesar 50 ribu anda akan diantar ke lokasi.
lokasi pantai tanjung tuha
(lokasi menuju pantai tanjung tuha dari pelabuhan bakauheni foto: google maps)
Untuk anda yang datang dari luar provinsi lampung ada baiknya anda menggunakan moda transportasi laut, karena lokasinya sangat dekat dengan pelabuhan bakauheni. Lokasi untuk mencapai pantai tanjung tuha di tempuh dengan waktu sekitar 20 menit perjalanan atau dengan jarak sekitar 6,7 km. Sedangkan untuk anda yang datang dari luar provinsi lampung dan menggunakan moda transportasi udara, jarak yang anda tempuh dari bandara radin intan ke pantai tanjaung tuha sekitar 2 jam 59 menit dengan jarak sekitar 119 km.
tower untuk spot foto di pantai tanjung tuha
(menara tower atau menara mercusuar adalah salah satu spot foto yang sedang disukai oleh pengunjung)
Fasilitas-fasilitas yang dapat anda nikmati di pantai tanjung tuha adalah spot pemandangannya yang menyegarkan mata anda. Hamparan laut birunya sudah tentu akan menyejukkan pikiran anda. Untuk biaya masuk ke lokasi pantai, anda akan dikenakan tarif sekitar 5 ribu rupiah untuk 1 orang pengunjung, disana anda juga dapat berfoto dengan tumpukan-tumpukan batu yang tersusun secara alami yang membuat kesan alaminya lebih terasa. tidak jauh dari lokasi pantai, terdapat tower mercusuar, sebenarnya tower ini berfungsi sebagai pemberi tanda kepada kapal yang melintasi pantai tanjung tuha, tetapi anda juga di perbolehkan untuk naik ke atasnya guna melihat pemandangan pantai tanjung tuha dari ketinggian, cukup dengan membayar 3 ribu rupiah anda sudah dapat naik ke atasnya. Untuk konsumsi, anda tidak perlu khawatir disini sudah banyak yang menjual makanan dan minuman tetapi untuk penginapan anda harus kembali ke dekat-dekat pelabuhan bakauheni untuk mecari penginapan, karena di pantai tanjung tuha belum terdapat penginapan atau hotel.

Nah, buat anda yang hobi dengan memancing, ini adalah tempat yang sangat pas, karena ikan yang ada di pantai ini sangat besar dan beragam, ditambah dengan posisi bebatuan yang menjulang tinggi mrmbuat spot mancing anda menjadi menarik. selamat menikmati liburan anda ya, semoga berkesan.



EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search