-->

Keindahan Wisata Cakat Raya Sebagai Icon Keberagaman Suku di Lampung

- July 20, 2019
Seperti yang kita ketahui, Indonesia sangat kaya akan pulau-pulau yang membentang didalam wilayahnya mulai dari sabang hingga merauke.

Banyaknya pulau tersebut tentu memiliki keunikan tersendiri, hal tersebut dapat dilihat dari keberagaman suku serta adat-istiadat yang ada disetiap daerahnya.

Indonesia memang mengenal dengan istilah adat dan kebudayaan, dimana disetiap daerah memiliki ritual, kebiasaan, serta bahasa daerah yang berbeda.

Sama halnya dengan Provinsi Lampung, walaupun memiliki luas yang tidak begitu besar, namun didalam provinsi ini terdpat beberapa suku yang saling berbaur menjadi satu. Beragamnya suku yang ada di Lampung tidak lain karena adanya transmigrasi yang dilakukan oleh penduduk, baik untuk mencari pekerjaan, ataupun ingin membuka usaha baru didaerah tersebut.

Atas hal itulah, dibangun sebuah wisata keberagama suku di Lampung, tepatnya di Kabupaten Tulang bawang. Wisata tersebut sekaligus menjadi icon keberagaman suku di Lampung.

Untuk lebih jelasnya, mari kita Ulas tentang wisata Cakat Raya ini.

Wisata Cakat Raya
wisata cakat raya lampung barat
wisata cakat raya lampung barat via insta @ricoramandap
Sedikit cerita dibangunnya Wisata Cakat Raya ini, Untuk menghargai Keberagaman suku yang berada di Tulang Bawang, Pemerintah setempat membangun sebuah wisata dimana didalamnya menampilkan beberapa ornament khas dari suku-suku yang ada di Tulang bawang.

Dari beberapa ornament tersebut mencerminkan suku-suku yang dahulunya bertransmigrasi ke Kabupaten tulang Bawang.

Provinsi Lampung memang memiliki suku yang sangat beragam, khususnya Kabupaten tulang bawang. di kabupaten ini memang memiliki suku yang sangat beragam, mulai dari Suku asli Lampung, Bali, Jawa, Minangkabau, Batak dan Sunda

Hal tersebutlah yang melatar belakangi dibangunnya Wisata Cakat Raya yang indah ini. Wisata ini sangat ramai dikunjungi, selain karena keindahan dari bangunannya sendiri, ternyata pemandangan yang dihadirkan di area wisata ini juga memberikan daya tarik tersendiri untuk pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk ke Wisata Cakat Raya

Ketika kamu mengunjungi wisata Cakat Raya ini, kamu akan dikenakan biaya masuk yang masih sangat terjangkau, harga tiket masuk ke Wisata cakat raya sekitar Rp. 8000,- untuk hari kerja, namun untuk akhir pekan harga bisa saja berubah.

Lokasi Wisata Cakat Raya



Wisata Cakat Raya Berlokasi di Jalan Lintas Sumatera, Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung, Kode Pos 34611.

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari jalan raya ini membuat wisata ini sangat ramai dikunjungi, apalagi akhir pekan. Nah untuk rutenya sendiri masih terbilang sangat mudah, apalagi tempatnya yang dekat dengan jalan besar.

Misalnya kamu belum pernah ke Lampung atau beru pertama kali berkunjung ke Lampung, kamu dapat menggunakan tourgate atau menggunakan apilkasi google maps untuk memandu perjalanan.

Fasilitas di Wisata Cakat Raya

Didalam wisata cakat raya kamu dapat melihat beberapa bangunan, mulai dari Rumah Adat hingga candi-candi miniatur peninggalan jaman dahulu. 

Bangunan-bangunan tersebut adalah rumah gadang, rumah joglo, Rumah Adat Batak Toba dan Candi Prambanan.

Kamu bisa menikmati indahnya bangunan-bangunan tersebut sambil mengabadikannya menggunakan kamera ponsel atau sejenisnya.

Beberapa pengunjung mengatakan, ada juga keindahan lainnya yang sangat menawan, misalnya pemandangan yang ada di Wisata Cakat Rata Ini sangat Menawan. Apalagi lokasinya yang berada di atas perbukita, tentu memberikan view yang sangat indah.

Tips Berwisata ke Cakat Raya

Beberapa tips yang perlu kamu perhatikan ketika berwisata ke Cakat Raya adalah, biasakan untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, dan selalu jaga kelestarian wisatanya dengan tidak mencoret-coret atau merusak fasilitas yang ada.

Demikian tadi ulasan dari tempat wisata Cakat Raya, apalbila menurut kamu artikel ini bermanfaat, silahkan kamu share ke teman-temanmu. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search