-->

Nikmati Kejernihan Air Dam Margo Tirto yang Sebening Kaca

- March 13, 2019
Hay sahabat tempat wisata Lampung, bagaimana kabar kalian, tentu baik-baik saja ya. Admin mau Tanya nih, kalian pernah membayangkan berenang di dalam air yang sangat jernih sehingga dasar tempat tersebut terlihat sangat jelas.

Mengapa pertanyaannya demikian, karena tempat wisata yang akan kita bahas kali ini berkaitan dengan tempat wisata buatan yang bernuansa air, menurut kalian apa coba? Kolam renang, Yups ada benarnya, tapi lebih tepatnya adalah wisata air Dam atau yang lebih dikenal dengan sebutan Bendungan.

Berwisata air dan menikmati semua fasilitasnya pasti menyenangkan ya. Apalagi tempat wisata air tersebut banyak menyediakan fasilitas penunjang seperti permainan, peristirahatan dan kebersihan.

Nah kebetulan tempat wisata yang akan kita bahas kali ini menyediakan semua kebutuhan yang kita harapkan tersebut.

Berlokasi di kabupaten Tanggamus yang kaya akan potensi alam dan wisata, hal tersebutlah yang membuat Kecamatan Gisting Memanfaatkan Dam atau bendungan sisa peninggalan Belanda untuk dijadikan sebagai objek wisata.

Dam Margo Tirto  Gisting
dam margo tirto
dam margo tirto via insta @rifswiyo
Sedikit Cerita tentang sejarah terbentuknya Dam Margo Tirto yang ada di Kabupaten Tanggamus ini. Pada Tahun 1930, Dam ini awalnya di bangun untuk benteng pertahanan Belanda, dan seiring berjalannya waktu setelah Belanda pergi dari Indonesia, Dam tersebut tidak terurus lagi sehingga banyak ditumbuhi pepohonan dan sebagai besar bangunannya rusak. 

Pada pertangahan tahun 2014 akhirnya pemerintah Kabupaten tanggamus memberikan bantuan materil dan bekerjasama dengan masyarakat setempat untuk melakukan perbaikan pada Dam Margo Tirto dan menjadikannya sebagai objek wisata.

Dan sekarang, dengan keindahannya melihatnya saja kita sudah dibuat tabjub oleh kejernihan airnya, bagaimana tidak. Ketika kamu sudah berada di Dam atau Bendungan Margo Tirto ini kamu akan melihat betapa indahnya dasar Dam tersebut. 


Dengan panjang Dam Margo Tirto yang mencapai 80 meter dan lebar 30 meter Kamu juga dapat melihat bebrapa objek yang ada di bawah airnya, misalnya ganggang yang hidup di dasarnya lengkap dengan warna hijaunya yang dapat menangkan hatimu.

Beberapa permainan juga dapat kamu temui, jadi cocok banget kalo kamu membawa keluarga untuk berwisata ke Dam Margo Tirto ini.

Lokasi Dam Margo Tirto



Dam Air Margo Tirto Berlokasi di Kabupaten Tanggamus, tepatnya di Pekon Gisting Bawah, Kecamatan Gisting, Tanggamus, Provinsi Lampung.
Haga Tiket

Harga tiket masuk ke wisata Dam Margo Tirto ini sangat terjangkau, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000,- per orang. Sedangkan untuk harga sewa permain, pengelola memberikan tarif tambahan, seperti sepeda air, pengelola mengenakan tarif sebesar Rp. 10.000,- dan kolam renang Rp. 3000,- .

Fasilitas di Dam Margo Tirto
fasilitas di dam margo tirto
fasilitas di dam margo tirto via insta @harismunandar_npl8
Beberapa fasilitas yang didapatkan oleh pengunjung sangat beragam, mulai dari:

Gazebo/Pondokan

Pengunjung dapat beristirahat dengan bersantai-santai di pondokan/gazebo ini bersama dengan keluarga atau pasangan.

Kolam Renang

Nah, jika kalian berlibur bersama dengan keluarga atau kerabat lainnya, kalian wajib mencoba wahana ini, karena air di kolam renang Dam Margo Tirto ini sangat sejuk dan segar.

Sepeda Air

Permainan ini juga menarik, kamu dapat mengelilingi Dam Margo Tirto dengan menaiki sepeda berbentuk bebek dan angsa ini bersama dengan pasangan.

Kantin

Nah, setelah lelah bermain di Dam Margo Tirto, kamu dapat beristirahat dan mengisi perut yang lapar dengan melahab beberapa kuliner yang ada di Dam tersebut. Namun pada umumnya banyak penjual yang menjual jajanannya berada di sekitaran pemukiman warga.

Toilet

Kalau fasilitas yang satu ini sudah pasti dapat ditemukan diberbagai tempat wisata ya, karena fasilitas kebersihan ini merupakan fasilitas utama yang harus dimiliki pengelola tempat wisata.

Penginapan di Dam Margo Tirto

Nah jika kamu ingin bermalam di sekitaran Dam Margo Tirto, tidak jauh dari tempat wisata tersebut ada sebuah penginapan dengan nama Wisma  Voda.
Wisma Voda sendiri berlokasi di Jalan Raya Gisting, Tanggamus, Kota Agung Timur, Kabupateb Tanggamus, Lampung.

Fasilitas yang disediakanpun cukup lengkap dan mewah, tidak lupa pemilik penginapan juga memberikan fasilitas kolam renang. sedangkan untuk harga sewanya sendiri masih terbilang murah, Pengunjung yang ingin menginap hanya perlu membayar Rp. 290.000,- per malamnya.

Tips Berwisata ke Bendungan Margo Tirto, Gisting
dam margo tirto
dam mrgo tirto via insta @faridz_mussaenda-
Beberapa tips yang dapat kami berikan untuk kamu saat berwisata ke Dam Margo Tirto adalah sebegai berikut.
Selalu jaga kebersihan dan kelestarian tempat wisata tersebut dengan cara tidak membuang sampah dan merusak fasilitas yang ada.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search