-->

Liburan Edukatif di Taman Nasional Way Kambas

- August 15, 2018
Saat melihat dan mendengar kata gajah, lantas apa yang bisa kamu gambarkan atau kamu simpulkan, ya tentu semuanya akan menjawab hewan yang bertubuh besar memiliki telingan besar dan memiliki gading yang panjang dan indah.

Gajah memang memiliki semua bagian-bagian tersebut, namun tahukah kamu dimana tempat pusat konservasi gajah yang ada di Indonesia, yaps betul sekali, pusat konservasi gajah terbesar yang ada di Indonesia berlokasi di Provinsi Lampung lebih tepatnya Kabupaten Lampung Timur.

Lampung Timur adalah salah satu dari beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi Lampung. Lampung Timur memang memiliki wilayah hutan yang cukup luas dan hijau, selain itu di Lampung Timur khusunya di daerah way kambas terdapat habitat gajah-gajah liar.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang Taman Nasional Way Kambas, mari kitas bahas sekilas sejarah dari Taman Nasional Way Kambas.

Taman Nasional Way Kambas
taman nasional way kambas
taman nasional way kambas via insta @tamannasionalwaykambas
Sejarah Way Kambas serperti yang dilansir dari halaman resminya waykambas.org menyebutkan bahwa, kawasan way kambas dibangun tahun 1936 oleh Resident Lampung yaitu, Mr. Rookmaker serta melalui surat keputusan Gubernur Belanda Tanggal 26 Januari 1937 sbtl 1937 Nomor 38.

Sedangkan seiring perkembangannya pada tahun 1978 way kambas dirubah menjadi Kawasan Pelestarian Alam (KPA) oleh Menteri Pertanian dan dikelola oleh Sub Balai Kawasan Pelestarian Alam (SBKPA).

Pada tahun 1991 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan nomor 144/kpts/II/1991/ tanggal 13 Maret 1991 dinyatakan sebagai taman nasional way kambas, serta semua pengelolaanya dibebankan oleh Sub Balai Konservasi Sumber Daya Alam Way Kambas, yang bertanggung jawap langsung kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam II Tanjung Karang. 

Ditetapkannya way Kambas sebagai kawasan pelestarian alam bukan tanpa alasan, hal tersebut dimaksudkan untuk  melindungi seluruh satwa yang dilindungi oleh pemerintah dan untuk melindungi satwa yang mengalami terancam kepunahan.

Lokasi dan Akses menuju Taman Nasional Way Kambas



Taman Nasional Way Kambas berlokasi di Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Akses menuju Taman Nasional Way kambas cukup mudah, dari pelabuhan bakauheni hanya ditempuh dengan waktu 3 jam 43 menit perjalanan.

Nah, jika kamu ingin berlibur ke Taman Nasional Way Kambas, Untuk menuju Taman Nasional way kambas kamu dapat melalui rute penyebrangan dari pelabuhan bakauheni. Dari pelabuhan Bakauheni cari jalan yang menuju Jalan Lintas Sumatera dan  Jalan Lintas Timur Sumatera.
pintu masuk way kambas
pintu masuk way kambas via insta @tamannasionalwaykambas
Atau jika anda menggunakan kendaraan umum, anda dapat menggunakan jasa travel yang tersedia di Pelabuhan Bakauheni. Biasanya travel-travel tersebut memberikan tariff sekitar Rp. 60.000,- sampai dengan Rp. 70.000,- per orang, namun harga tersebut dapat berubah tergantung dari bagaimana kita negosiasi dengan sopir travel tersebut.

Harga Tiket Masuk ke Taman Nasional Way Kambas
harga tiket masuk ke way kambas
harga tiket masuk ke way kambas via duniaindra.com
Harga Tiket masuk ke Taman Nasional way Kambas ini adalah sebesar Rp. 10.000,- per orang. Dengan membayar tiket masuk yang sangat terjangkau tersebut, anda dapat menyaksikan beberapa keindahan yang diseguhkan oleh Teman Nasional Way Kambas.

Saat masuk ke Taman Nasional Way Kambas mungkin kamu akan dikenakan biaya lainnya, jika kamu mencoba beberap wahana hiburan yang ada di Taman Nasional way Kambas.

Fasilitas di Taman Nasional Way Kambas
atraksi gajah di way kambas
atraksi gajah di way kambas via insta @tamannasionalwaykambas
Saat berada di Taman Nasional Way Kambas kamu dapat menikmati beberapa fasilitas yang disuguhkan oleh Taman Tersebut. Selain menjadi pusat konservasi gajah, di Taman Nasional way Kambas juga pusat pelestarian flora dan fauna di sumatera yang keberadaanya terancam punah.

Taman Nasional Way Kambas juga menyediakan Pusat Pelatihan Gajah (PLG), dengan menampilkan beberapa atraksi menarik yang dipentaskan para gajah. Mulai dari Gajah yang dapat berdiri pada tumpuan benda kecil, bermain bola, dan beberapa atraksi menarik lainnya.

Mungkin yang ingin menaiki gajah ini adalah momen yang dinantikan, dimana pengelola menyediakan gajah yang dapat dinaiki pengunjung. Untuk menaiki Gajah, pengujung dikenakan tariff sebesar Rp. 20.000,- untuk jarak 100 meter.
pusat pelatihan gajah di way kambas
pusat pelatihan gajah di way kambas via insta @tamannasionalwaykambas
Atau mungkin bila kamu ingin lebih lama lagi untuk menaiki gajah, kamu dapat mencoba paket yang short time dengan kisaran biaya sekitar Rp. 150.000,- per orang kamu akan dibawa berkeliling selama 30 menit di Way Kambas.

Way Kambas juga menyediakan hal menarik lainnya, dimana pengujung diperbolehkan untuk memberikan makanan (pisang) kepada gajah-gajah yang ada di Way Kambas. Biasanya pengelola sudah menyiapkan pisang-pisang terebut, cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp. 10.000,- anda sudah mendapatkan pisang untuk diberikan kepada gajah.

Penginapan di Taman Nasional Way Kambas

Penginapan yang tersedia di Taman Nasional Way Kambas ini adalah Way Kanan Resort. Penginapan ini biasanya banyak digunakan oleh para wisatawan dari Manca Negara yang melakukan penelitian seputar flora dan fauna. 

Tarif kamar di Way Kanan Resort ini sekitar Rp. 200,000 per malam. 
Way Kanan Resort juga menyediakan beberapa perjalan dengan myusuri sungai menggunakan perahu yang dapat dinikmati oleh pengujung. 

Tips Berwisata ke Taman Nasional Way Kambas

Saat berkunjung ke Way Kambas, selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di alam terbuka secara sembarangan, dan pastikan saat kamu berkunjung ke way kambas kamu menggunakan pakaian yang menutup kulitmu, karena cuaca di Taman Nasional Way Kambas cukup panas.

Nah, buat kamu yang nantinya akan berwisata ke taman nasional way kambas, semoga liburan kamu menyenangkan dan berkesan ya.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search